[caption caption="manfaat tik"][/caption]
Manfaat Belajar TIK
Teknologi Informasi dan Komunikasi atau yang juga biasa disebut TIK adalah suatu pembelajaran di sekolah yang sudah sangat umum. Di pelajaran ini kita dapat belajar tentang perkembangan teknologi, informasi dan komunikasi, perangkat-perangkat komputer, software dan hardware, dan masih banyak lagi. Pembelajaran ini diajarkan kepada mahasiswa IT, murid SMA, SMP, bahkan SD. Pembelajaran ini sangatlah penting, maka dari itu pelajaran TIK sudah diajarkan sejak usia dini.
Selain itu, TIK juga memiliki banyak manfaat. TIK memudahkan siswa siswi untuk mempelajari dan mengenal perangkat computer, dan sebagainya lebih dalam. TIK juga member tahu siswa untuk menggunakan internet dengan baik dan benar dan dengan tujuan positif. Dengan adanya pelajaran TIK, siswa dapat dengan mudah menggunakan computer untuk mengerjakan tugas presentasi dan lain lain. Mengembangkan kemampuan kita dalam menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi agar dapat dimanfaatkan untuk kegiatan dan aktivitas sehari hari.
Dengan hadirnya TIK, orang-orang dari seluruh dunia bisa saling bertukar informasi atau berinteraksi dengan cepat dan efisien, tidak tergantung pada lokasi dan jarak mereka ataupun perbedaan bahasa yang mereka gunakan sehari-hari. Seorang siswa yang tinggal di daerah yang terpencil bisa mengambil informasi atau memperoleh pengetahuan yang sebenarnya terletak ribuan atau ratusan ribu kilometer darinya. Banyak program komputer yang ditujukan untuk mempermudah orang dalam mempelajari ilmu pengetahuan maupun bahasa asing. dengan dukungan multimedia, ilmu-ilmu yang sering dianggap sulit dapat disajikan dalam bentuk atau cara yang membuat orang senang mempelajarinya.
TIK sudah menjadi suatu daya penggerak perubahan bidang pendidikan dan mereka adalah suatu bagian integratif dari kebijakan dan rencana pendidikan nasional. Bukti yang berkembang menunjukkan semakin banyak negara yang mulai melengkapi sekolah mereka dengan komputer untuk mencapai reformasi sekolah atau usaha peningkatan sekolah atau bahkan untuk memberi sekolah mereka suatu penampilan modern dan bertenologi. Bagaimanapun, dalam posisi ini banyak pendidik yang melihat teknologi online sebagai suatu jalan untuk pengajaran, pelajaran, dan praktek penguasaan baru, hanya mempunyai sedikit informasi tentang potensi dan penggunaan otentik dari ICT dalam pendidikan.
Pengalaman menunjukkan bahwa pengenalan tentang teknologi di sekolah mengalami tiga fasa, yakni suatu tahap penggantian di mana praktek tradisional masih terjadi tetapi teknologi baru digunakan. Suatu tahap transisi di mana praktek baru mulai muncul dan praktek lama dipertanyakan; dan suatu tahap transformasi di mana teknologi memungkinkan praktek baru dan praktek lama menjadi usang. Jika pendidik meminta dengan tegas atas penggunapan TIK sebagai pengganti praktek yang ada, mereka tidak dapat berperan untuk memecahkan permasalahan di bidang pendidikan yang saat ini mereka temui.
Pembelajaran online memungkinkan siswa mempunyai kendali lebih besar terhadap kegiatan dan isi pembelajaran. Lingkungan online menempatkan siswa di tengah-tengah pengalaman belajar. Pada pembelajaran tradisional, pengulangan digunakan berkali-kali dengan memperkenalkan informasi yang sangat serupa dalam format berbeda atau dengan menanyakan pertanyaan yang sama dengan cara yang berbeda.
Internet mendorong siswa untuk menggali informasi dan contoh praktis. Internet mempromosikan suatu alternatif jenis belajar dengan melakukan di manapara siswa diminta untuk melakukan proyek yang berhubungan dengan situasi hidup nyata. Teknologi menyampaikan informasi dengan penekanan pada penciptaan dan explorasi aktif terhadap pengetahuan dibandingkan transfer informasi searah, yang memungkinkan siswa tersebut untuk menggunakan secara penuh kemampuan kognitif mereka sendiri. Pelajaran TIK menjadi bekal siswa dalam menempuh masa depan dengan arus globalisasi dan perkembangan teknologi yang semakin canggih.