Lihat ke Halaman Asli

Wijaya Kusumah

Guru Blogger Indonesia

Cerita Omjay: Berlatih Berbaris di Pra SAKSI 2014

Diperbarui: 24 Juni 2015   02:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

13914412221743495518

Hari ini waktu terasa bergerak begitu cepat. Rasanya, baru tadi pagi saya berangkat ke sekolah, kini sudah berada kembai di rumah. Itulah waktu, dia bergerak begitu cepat tanpa bisa dihadang. Kita tak akan bisa kembali lagi ke waktu lalu. Tak salah bila waktu adalah sesuatu yang harus senantiasa dijaga setiap menitnya agar kita bermanfaat buat orang banyak.

[caption id="attachment_293682" align="aligncenter" width="533" caption="Siswa SMP Labschool Jakarta latihan PBB bersama Jasmil Kostrad TNI AD"][/caption]

Hari ini, saya memotret kegiatan siswa yang akan mengikuti Studi dan Apresiasi Kepemimpinan siswa Indonesia. Kami menyingkatnya menjadi SAKSI. Sebelum siswa kelas 7 berangkat SAKSI ke Pusat Latihan tempur Kostrad TNI Angkatan Darat di Karawawang Jawa Barat, siswa-siswa SMP Labschool Jakarta, diwajibkan mengikuti kegiatan yang bernama PRA SAKSI. Press Release kegiatannya dapat dilihat di sini.

Di dalam kegiatan Pra SAKSI, siswa diminta untuk berlari pagi, berlatih peraturan baris berbaris (PBB), dan pengecatan tongkat yang akan dibawa ke acara SAKSI di Karawang, Jawa Barat. Latihan PBB dibimbing langsung oleh Jasmil Kostrad TNI AD yang setiap tahunnya membantu kami dalam kegiatan SAKSI.

Bagus sekali para tentara itu melatih siswa melakukan PBB. Mereka menjadi tahu cara berbaris yang benar dan saling bekerjasama dalam satu barisan. Salah melangkah dan melakukan gerakan yang tak kompak, akan berakibat regu atau kelompok mereka terlihat tidak solid atau kompak. Dibutuhkan kerjasama tim agar barusan terlihat rapih. Terutama di saat berjalan dan bergerak bersama.

Usai latihan PBB, anak-anak langsung mengecat tongkatnya masing-masing sesuai dengan kelompoknya. Bagus sekali warna tongkatnya yang berwarna-warni itu. Setelah selesai mengecat, mereka diminta untuk apel pulang dan mempersiapkan acara dan peralatan yang akan dihadapi esok hari.

Semoga anak-anak tetap sehat dan kuat hingga siap berangkat ke Karawang Jawa Barat nanti. Saat mereka digembleng, para orang tua siswa dan guru bersama-sama melaksanakan Bakti sosial untuk warga sekitar. Tentu saja pengurus OSIS SMP Labschol Jakarta membantu baksos ini dengan baik. Begitulah cerita omjay hari ini. Semoga esok sang mentari pagi bersinar lagi, dan kita menuju cita-cita yang pasti.

Salam Blogger Persahabatan

Omjay

http://wijayalabs.com




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline