Lihat ke Halaman Asli

Wijaya Kusumah

Guru Blogger Indonesia

Apa yang Kamu Peroleh dari Ngeblog Setiap Hari?

Diperbarui: 25 Juni 2015   00:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

13480115151220044146

Apa yang Kamu Dapatkan Dari Ngeblog Setiap Hari? (dok: Pribadi)

Saya tertegun sesaat setelah melihat peringkat teman-teman blogger hebat yang konsisten ngeblog dalam blog pribadinya di http://blogs.indonesiamatters.com/. Sebuah kumpulan blog dari para blogger handal dan hebat di Indonesia. Nama mereka sudah dikenal dan terkenal dalam dunia blogger yang terus berkembang pesat.

Omjay di Kegiatan Guru Menulis di Bank BJB DEpok

Omjay di Kegiatan Guru Menulis di Bank BJB DEpok

Isi Blog mereka bagi saya sungguh menginspirasi. Mereka berusaha untuk konsisten menulis setiap hari dengan gaya mereka. Tak peduli orang mau bilang apa. Bagi mereka menulis sudah menjadi sebuah kebutuhan. Menulis pesan tak harus melulu dengan teks, tapi bisa berupa gambar atau foto.

Tak harus menulis begini atau begitu. Tuliskan saja apa yang ada di kepala. Hal yang perlu diingat, isi blog tak melulu isinya teks. Sebab blog bisa menjadi blog foto, blog video, atau blog audio. Tergantung kamu mengelolanya.

Lihatlah blog peringkat pertama Indonesia matters.com yaitu blog Diana Ekasari di http://dianarikasari.blogspot.com/. Isi Blognya lebih banyak foto dan gambar. Ramai banget pengunjungnya. Terutama buat mereka yang menyukai Fashion.

Bandingkan pula dengan isi blog Padepokan Budi Rahardjo di http://rahard.wordpress.com/ yang terkadang dominan teks. Tapi suatu saat beliau memposting hanya sebuah foto dengan sedikit teks. Bahkan hanya satu kata saja. Itulah keunikan dari seorang blogger yang telah dilihat orang sebanyak 3,141,306 hits dan memiliki followers di twitter 2385.

Mas Budi Rahardjo yang merupakan dosen di ITB menuliskan dalam blognya di sini.

Menulis di blog, sebagai sebuah contoh, juga membutuhkan ketekunan. Banyak orang yang mula-mula tertarik untuk ngeblog tetapi kemudian menyerah dengan berbagai alasan. Tekun ngeblog saja sudah susah, apalagi kerjaan yang memang sudah susah. Gimana mau tekun ya? Wah.

Bagi saya, menulis di blog ini merupakan sebuah media belajar untuk tekun (dan kreatif). Memaksakan diri untuk menulis setiap hari merupakan sebuah pelajaran yang tidak mudah. Belum lagi membuat tulisan yang lebih baik dari sebelumnya. Ini sebuah upaya. Jadi, rajin ngeblog mungkin dapat juga dijadikan ukuran ketekunan.

Membaca postingan mas Budi Rahardjo di blognya tentu membuat semangat ngeblog saya semakin tinggi. Intinya bukan hanya ketekunan tapi juga komitmen dan konsistensi diri. Seorang blogger pun dituntut kreatif dalam mengelola blognya menjadi lebih ramai dan hidup.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline