[caption id="attachment_199095" align="aligncenter" width="600" caption="Presentasi PTK di SMKN 29 Jakarta"][/caption] Penelitian tindakan merupakan intervensi praktik dunia nyata yang ditujukan untuk meningkatkan situasi praktis. Tentu penelitian tindakan yang dilakukan oleh guru ditujukan untuk meningkatkan situasi pembelajaran yang menjadi tanggung jawabnya dan ia disebut 'penelitian tindakan kelas' atau PTK. Apakah kegiatan penelitian tindakan tidak akan mengganggu proses pembelajaran? Sama sekali tidak, karena justru ia dilakukan dalam proses pembelajaran yang alami di kelas sesuai dengan jadwal. Kalau begitu, apakah penelitian tindakan kelas (PTK) bersifat situasional, kontekstual, berskala kecil, terlokalisasi, dan secara langsung gayut (relevan) dengan situasi nyata dalam dunia kerja? Benar. Apakah berarti bahwa subyek dalam PTK termasuk murid-murid Anda? Benar. Lalu bagaimana cara untuk menjaga kualitas PTK? Apakah boleh bekerjasama dengan guru lain? Benar. Anda bisa melibatkan guru lain yang mengajar bidang pelajaran yang sama, yang akan berfungsi sebagai kolaborator Anda. [caption id="attachment_199088" align="aligncenter" width="600" caption="teman-teman guru di SMKN 29 Jakarta"]
[/caption]
Jum'at, 14 September 2012 saya diminta untuk mengisi materi presentasi seminar hasil penelitian tindakan kelas (PTK) di SMKN 29 Jakarta Selatan. Sekolah ini terletak di Jl. Prof Joko Sutono Jak-Sel. Usai sholat jum'at saya langsung menuju ruang multimedia SMKN29 Jak-Sel (dulu STM Penerbangan). Di tempat ini telah berkumpul teman-teman guru yang mau belajar PTK, dan melaporkan hasil PTKnya. Supaya tidak mengantuk, presentasi saya selingi dengan cuplikan film 3 idiot yang sangat menginspirasi para guru.
Putar Cuplikan Film Supaya tidak Mengantuk
Seru juga melihat presentasi seminar PTK mereka. Kami sama-sama belajar dan berbagi ilmu PTK di ruangan yang sangat mewah ini. Ruangan ber-AC dengan fasilitas multimedia lengkap yang membuat pembelajaran menjadi semakin menyenangkan.
Presentasi PTK dari salah Seorang Guru SMKN 29 Jakarta
Sebelum mereka presentasi, saya menyampaikan sedikit materi tentang problematika PTK, dan Strategi Implementasinya. Mulai dari kenapa guru takut melakukan PTK, sampai masalah-masalah penyakit guru yang menyembabkan mereka rabun membaca dan lumpuh menulis. Saya pun memberikan kiat-kiat khusus dalam menuliskan karya tulis ilmiah.
Kami saling berdialog, dan berbagi pengalaman masing-masing dalam melakukan PTK. Hasilnya sungguh luar biasa, kami menjadi lebih tahu apa itu PTK, dan mengapa PTK itu penting bagi guru.
[caption id="attachment_199103" align="aligncenter" width="298" caption="Buku Mengenal PTK karya Wijaya-Dedi Tersedia di Toko Buku Gramedia"]
[/caption]
Ada 2 orang guru tampil mempresentasikan hasil PTKnya, dan sayapun memberikan masukan tentang PTK yang sudah dilakukannya. Rata-rata dari mereka sudah melakukan PTK dengan baik. Hanya saja dalam teknik penulisannya yang harus lebih ditingkatkan. Juga tentang penyajian presentasinya yang harus lebih baik lagi dengan memasukkan gambar secara visual, dan tak melulu teks yang merupakan hasil copy paste dari laporan PTK.