Lihat ke Halaman Asli

Wijaya Kusumah

Guru Blogger Indonesia

Ketika Kamu Bingung Apa yang Mau Dituliskan

Diperbarui: 25 Juni 2015   01:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

1346379125335241047

[caption id="attachment_196173" align="aligncenter" width="591" caption="Ketika Menulis Buntu"][/caption]

Semoga di saat kamu membaca tulisanku ini, kamu dalam keadaan sehat dan kesuksesan senantiasa menghampiri hari-harimu yang penuh dengan kebahagiaan. Namun bila engkau belum merasa bahagia, belilah buku tentang kebahagiaan, maka kamu akan menemukan petunjuk cara hidup bahagia. Kalau kamu tak punya uang buat beli buku, maka mintalah kepadaku. Pasti aku dengan senang hati memberikannya. Asalkan, kamu mau menjadi guru menulisku. Seorang guru yang bisa membantuku menemukan cara menulis ketika sedang bingung apa yang mau dituliskan.

Kalau kamu bingung apa yang hendak dituliskan di blog keroyokan macam kompasiana ini, ya sebaiknya menulis yang ringan-ringan saja. Ikuti saja apa kata hatimu, dan biarkan jari jemarimu menari indah di atas keyboard. Biarkan ide-ide mengalir keluar dari otakmu yang canggih. Lalu bacalah ulang apa yang sudah kamu tuliskan. Itulah sedikit saran yang kudapatkan dari para penulis terkenal yang aku kenal.

Pada saat tidak ada mood menulis, justru aku menemukan ide yang membuatku bisa menulis. Aku melihat kedua anakku sibuk dengan pekerjaan rumahnya. Untunglah mereka dengan senang hati mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh gurunya. Sebab bila tidak, pekerjaan rumah menjadi beban dan sangat menyebalkan. kalau sudah begitu belajar sudah tidak lagi menyenangkan.

Ketika kamu bingung apa yang mau dituliskan, biasanya akan ketemu dengan sendirinya ide untuk menulis. Hal itulah yang saya lakukan ketika menemukan kebuntuan dalam menulis. Sebaiknya, bacalah tulisan orang lain, dan berilah komentar dari apa yang kamu baca. Tetapi, jangan membiasakan diri memberikan komentar ketika kamu tidak membacanya. Sebab akan terlihat seperti Jaka Sembung naik Ojek, gak nyambung jek, hehehe.

Udah dulu akh! Hal yang terpenting saya sudah menulis sebelum tidur. Semoga ada yang baca. Mau menulis politik sudah banyak orang menulis. Mau menulis tentang ilmu pendidikan sudah banyak orang yang ahli menuliskannya. Ya sudahlah aku menuliskan yang ringan-ringan saja. Kalau kamu belum bergabung dengan twitterku, kita join yuk di @wijayalabs. Terima kasih.

Salam Blogger Persahabatan Omjay http://wijayalabs.com




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline