Lihat ke Halaman Asli

Wijaya Kusumah

Guru Blogger Indonesia

Teknologi Ada untuk Mempermudah, dan Bukan Mempersulit Kerja Manusia

Diperbarui: 26 Juni 2015   01:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Pelatihan Thnkiquest di Ruang Sidang Labschool Jakarta

Ini adalah sebuah kisah nyata. Ketika waktunya saya akan mempresentasikan hasil penelitian di sekolah labschool dalam seminar internasional di uhamka, laptop, dan slide proyektor yang akan digunakan tidak bisa digunakan dengan baik. Sudah diganti dengan laptop merek baguspun slide proyektor gak bisa juga tampil. Alhasil, saya memutuskan untuk melakukan presentasi dengan peralatan yang ada saja. Dengan begitu tidak banyak waktu yang terbuang hanya untuk mempersiapkan slide power point dengan laptop dan silide proyektor yang sudah disiapkan oleh panitia.

Teknologi ada untuk mempermudah kerja manusia, dan bukan untuk mempersulit kerja manusia. Jadi prinsipnya, bila teknologi yang ada tidak bisa digunakan, masih ada cara lain yang bisa digunakan untuk melakukan presentasi.

Saya memulainya dengan metode demonstrasi. Dimana saya mempersiapkan ipad apple saya untuk memunculkan hasil test online dalam blog pribadi saya. Secara kebetulan hotspot di ruangan kenceng banget. Kita bisa pakai internet sepuasnya.

Saya meminta mereka satu persatu untuk melihat langsung blog saya itu secara online, dan saya pinjamkan kepada para peserta seminar internasional di uhamka. Lalu setelah itu saya siapkan juga kertas ulangan dan soal-soal yang kita gunakan secara offline, sehingga para peserta tahu perbedaan tes secara online dan offline.

Saya pun menuliskan alamat email saya di wijayalabs@gmail.com, dan nomor ponsel saya. Hal itu saya lakukan untuk mengabarkan kepada mereka kalau materi presentasi saya dan makalah lengkapnya bisa diminta melalui email saya, dan bila ada hal yang ingin ditanyakan dapat bertanya langsung kepada saya melalui handphone.

Alhamdulillah, respon pesertapun sangat baik, dan saya pun lancar dalam melakukan presentasi hasil penelitian saya dengan judul EFEKTIVITAS PEMANFAATAN BLOG SEBAGAI MEDIA TEST ONLINE DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS MENULIS SISWA.

Salam Blogger Persahabatan Omjay http://wijayalabs.com




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline