Lihat ke Halaman Asli

Wijaya Kusumah

TERVERIFIKASI

Guru Blogger Indonesia

Tidak Mudah Membuat Laporan Penelitian

Diperbarui: 26 Juni 2015   03:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Sudah dua hari ini saya mengarap dan menuntaskan laporan penelitian yang sudah saya lakukan. Tapi belum juga selesai. anPengolah data yang jeli dan kepandaian merangkai kata agar menjadi kalimat ilmiah tidaklah mudah. Pencarian teori dari buku dan artikel di internet tidak mudah. Saya sempat termehek-mehek sendiri dibuatnya. Padahal data dan bahan-bahan penelitian sudah saya selesaikan. Tinggal melaporkannya saja dalam bentuk laporan penelitian.

Saya baru menyelesaikannya di bab satu saja. Mohon masukannya ya! terima kasih.

=============================================================================

EFEKTIVITAS PEMANFAATAN BLOG SEBAGAI MEDIA TEST ONLINE DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS MENULIS SISWA

BAB I

PENDAHULUAN

A.Latar belakang Masalah

Dalam mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), pelaksanaan ujian tertulis atau ulangan harian masih menggunakan sistem offline. Dimana para siswa mengerjakan soal-soal ujian atau ulangan harian dengan menggunakan kertas ulangan yang disiapkan oleh sekolah. Soal-soal ulangan teori di foto copy sesuai dengan jumlah siswa.

Ujian tertulis dengan cara seperti itu jelas sangat memboroskan biaya. Terutama untuk foto copy soal, dan pembelian kertas ulangan. Kertas Ulangan dan soal ujian pun menjadi menumpuk di meja guru ketika dikoreksi. Apalagi bila soal yang dibuat berbentuk soal Essay atau uraian. Guru harus membaca satu persatu tulisan siswa yang terkadang sulit dibaca. Melihat kenyataan itu, dibuatlah sebuah upaya agar ujian tertulis dilakukan secara online. Guru melakukan inovasi dengan menuliskan soal-soal ulangan teorinya di media online yang bernama blog di internet. Tanpa disadari, guru telah turut mengkampanyekan “Go Green Technologi” (teknologi ramah lingkungan), karena guru dapat menghemat penggunaan kertas yang dibuat dari pohon/kayu. Soal-soal tidak perlu lagi di foto copy sehingga dapat menghemat biaya pembelian kertas, dan foto copy.

Blog adalah alat rekam yang ajaib. Kita bisa menuliskan apa saja yang disukai dan dikuasai. Semua tulisan yang dibuat dapat tersimpan dengan baik berdasarkan bulan penyimpanan. Para pengguna internet (netter) dapat melihat, dan membaca tulisan-tulisan kita bila mengetahui alamat blog yang dikelola. Semakin bagus isi (content) blog yang dibuat, maka semakin banyak netter yang akan melahap habis tulisan-tulisan di dalam blog. Pengelola blog biasa disebut blogger. Banyak membaca akan membuat pemilik blog atau blogger menjadi gemuk menulis. Kreativitas menulis akan terbentuk kalau kita sering menulis. Hal itulah yang perlu diajarkan kepada siswa agar terbiasa menulis.

Blog dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran online. Para guru dapat membangun dan mengelola blog pembelajaran untuk para peserta didiknya. Terjadilah proses interaksi antara guru dan siswa melalui blog di internet. Guru dan siswa sama-sama belajar aktif dalam dunia maya yang tak pernah tidur atau online 24 jam.

Guru bisa memasukkan semua materi pelajarannya ke dalam blog dengan cara yang lebih menarik, dan para siswa diminta untuk membaca materi pelajaran yang sudah dituliskan dalam blog guru. Blog dapat dijadikan sarana meningkatkan minat, dan kreativitas menulis serta budaya membaca peserta didik.

Selain memasukkan materi pembelajarannya, para guru dapat juga membuat soal-soal di dalam blog, dan siswa diminta untuk menjawabnya melalui bagian komentar yang dimoderasi oleh guru sebagai pengelola blog. Dengan begitu, setiap jawaban soal dari siswa tidak bisa dilihat dan dibaca siswa lainnya sebelum dimoderasi oleh guru sebagai admin blog.

Berdasarkan kenyataan di atas, untuk membuat ujian tertulis atau test online, maka perlu dipikirkan efektivitas pemanfaatannya, cara penyajian, dan model pembelajaran TIK pada pembuatan soal-soal online di blog.Blog di internet memungkinkan setiap siswa dapat berpatisipasi aktif dalam pembelajaran, karena bahan ajar dengan menggunakan media blog di internet dikemas dalam bentuk interaktif, dan bersifat edukatif di dalam blog yang dikelola oleh guru. Terjadilah interaksi antara siswa dan guru melalui blog di internet. Kreativitas menulis siswa dalam menjawab soal akan terlihat, dan meningkat seiring dengan pemahamannya terhadap materi yang diberikan. Guru yang semula sebagai penyampai pengetahuan, sumber informasi, kemudian berubah menjadi fasilitator pembelajaran, kolaborator dan mitra. Siswa juga berubah dari penerima informasi pasif menjadi penerima informasi aktif dengan cara menuliskannya di blog.

B.Rumusan Masalah:

Bagaimanakah efektivitas pemanfaatan blog di internet sebagai media test online dalam meningkatkan kreativitas menulis siswa?

C.Ruang Lingkup

Ruang Lingkup permasalahan dalam penelitian ini dibatasi sebagai berikut:

1.Pemanfaatan blog sebagai media test online dalam bentuk essay guna melihat daya tangkap, dan kreativitas menulis siswa dalam pemahaman materi yang telah diberikan sehingga membangun karakter siswa yang mandiri.

2.Penelitian ini hanya dilakukan pada siswa kelas VIII SMP Labschool Jakarta tahun pelajaran 2010 – 2011 dengan harapan adanya pengurangan pembiayaan pendidikan dalam membeli kertas dan memfoto copy soal-soal ujian tertulis.

Tujuan penelitian

Sesuai dengan rumusan masalah yang telah dikemukakan, maka secara umum tujuan penelitian ini adalah untuk melihat efektivitas pemanfaatan blog di internet sebagai media test online dalam meningkatkan kreativitas menulis siswakelas VIII di SMP Labschool Jakarta. Secara rinci tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah

1.Memanfaatkan blog sebagai media test atau ujian tertulis online di internet

2.Mengkampanyekan Go Green Technologi di sekolah, dan menghilangkan penggunaan kertas dalam pembelajaran TIK, dan ujian tertulis sehingga dapat menghemat biaya.

3.Mendeskripsikan kadar partisipasi aktif siswa dalam memanfaatkan blog sebagai media test atau ujian tertulis online di internet

4.Meningkatkan kualitas pembelajaran dan kreativitas menulis siswa kelas VIII SMP Labschool Jakarta pada mata pelajaran TIK.

Setelah penelitian ini dilaksanakan, diharapkan dapat memberikan manfaat ke berbagai pihak sebagai berikut:

Bagi Siswa:

-Siswa menjadi semakin senang belajar TIK, dan tidak perlu lagi menjawab soal-soal dengan cara offline, karena semua soal dijawab dengan cara online melalui blog.

-Ikut mengkampanyekan gerakan “Go Green Technologi” yang saat ini sedang digalakkan oleh pemerintah dengan menghemat penggunaan kertas.

Bagi Guru:

-Meningkatkan kompetensi guru dalam merancang model-model pembelajaran berbasis online yang kreatif dan inovatif

-Meningkatkan kompetensi guru dalam mengembangkan bahan ajar berbasis ICT

-Memperluas wawasan guru mengenai penelitian tindakan kelas (PTK) dan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam proses pembelajaran di kelas.

Bagi Sekolah:

-Mengurangi biaya pembelian kertas dan foto copy soal-soal ujian tertulis

-Terobosan baru untuk melakukan tes tertulis secara online

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline