Lihat ke Halaman Asli

Wijaya Kusumah

Guru Blogger Indonesia

Buku Harian Omjay, mencoba menulis sebelum tidur

Diperbarui: 26 Juni 2015   10:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

hari ini capai sekali rasanya. mulai dari bangun waktu subuh tadi pagi sampai malam ini mata saya belum beristirahat. tentu lelah sekali mata ini, tetapi saya paksakan juga untuk menulis diary online malam ini. barangkali apa yang saya tuliskan ini bermanfaat untuk teman-teman yang membaca tulisan saya.

hari ini adalah hari pertama masuk sekolah. hari dimana ketemu macet lagi di sana-sini. Saya berangkat dari rumah pukul 5.30 pagi dan sampai di sekolah pas pukul 06.30 pagi. macet terjadi dimana-mana seperti biasanya. padahal jam masuk sekolah sudah dimajukan menjadi pukul 06.30. kayaknya perlu dievaluasi nih!

Sesampai di sekolah, saya lihat sedikit wajah baru gedung sekolah.  rencananya akan dibangun ruangan kelas sma berlantai 4. saung tempat mojok kini tiada lagi. jalur masuk utamapun kini berubah ke tengah.

saya langsung ke lab ipa untuk rapat pa. di sana sudah berkumpul para guru dan pimpinan sekolah. ada beberapa catatan penting yg dibagikan. sayapun membacanya sambil mendengarkan arahan dari pimpinan sekolah.

hari pertama masuk sekolah biasanya penyesuaian. kita tidak bisa langsung belajar. perlu berdialog dengan peserta didik dan bertanya bagaimana liburan mereka. hal itulah yang saya tanyakan ketika harus mengajar kelas 8. tentu saya tak bisa langsung mengajar dan menambahkan materi pelajaran.

saya pun berdialog dengan mereka. dari hasil berdialog itulah dicapai kesepakatan, satu jam pertama bebas bermain di komputer, dan satu jam berikutnya kita mengulang kembali materi yang sudah saya berikan. semacam review agar mereka lebih mahir lagi dalam praktiknya. kebetulan materi kelas 8 adalah microsoft excel. materi hitung menghitung yang mengajak mereka untuk mampu mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

saya ajak mereka untuk senang dulu di hari pertama masuk sekolah. tanpa beban dan penuh kegembiraan. sebab dari sinilah awal sebuah pembelajaran yang menyenangkan. sayapun meminta mereka untuk menceritakan liburan mereka dalam blognya masing-masing. dengan begitu ada tugas yang harus mereka selesaikan di rumah, dan minggu depan saya tinggal melihat kinerja mereka. siapa yang tak selesai tugasnya maka akan mendapatkan hukuman sesuai dengan kesepakatan bersama.

di kelas 9 saya pun memperlakukan demikian. saya biarkan dulu mereka senang di hari pertama masuk sekolah. tentu ada dialog antara guru dan siswa. sebab tanpa dialog pembelajaran tak menjadi dua arah. guru pun menjadi dominan di kelas. sayapun meminta mereka untuk mempersiapkan diri membawa buku corel draw untuk praktik minggu depan. kita akan mulai belajar desain grafis di semester ini. semoga tak terpotong pendalaman ujian nasional (UN).

tak terasa waktu belajar selesai, merekapun pulang dengan tertib dan berdoa bersama terlebih dahulu. saya membiasakan mereka dengan berdoa, sebab dengan begitu akan ada ibadah yang tercatat. tercatat oleh malaikat yang selalu mendampingi mereka setiap hari.

sehabis mengajar, saya buka laptop saya.teman saya pak broto membantu saya mengintall kembali internet wireless yang tak bekerja dengan baik. alhamdulillah, beliaupunyadrivernya dan saya bisa langsung online dengan wifi yang cukup kencang sampai waktu sholat ashar.

selesai sholat ashar, saya kedatangan tamu dari kota samarinda. namanya ibu shofiyah. beliau mahasiswa s2 universitas mulawarman yang sedang menyelesaikan tesisnya. beliau minta diajari saya bagaimana menyusun proposal tesis dengan metode penelitian tindakan atau action research.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline