Lihat ke Halaman Asli

Wijaya Kusumah

Guru Blogger Indonesia

Ultah Omjay, dan Peringatan Sumpah Pemuda di Sekolah

Diperbarui: 26 Juni 2015   12:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

[caption id="attachment_305612" align="aligncenter" width="500" caption="Paskibra SMA Labschool Jakarta"][/caption] Peringatan Sumpah Pemuda di Labschool Jakarta

Pagi ini saya kebut motor saya dengan kecepatan tinggi. Saya terlambat bangun subuh, dan mengakibatkan saya telat datang ke sekolah beberapa menit. Padahal hari ini adalah hari dimana diadakan upacara bendera dalam rangka memperingati sumpah pemuda. Saya tak tahu kenapa tak ada sumpah pemudi. Saya pun juga tak tahu kenapa ada kelapa muda tak ada kelapa mudi, hehehehehe.

Hari ini adalah upacara peringatan sumpah pemuda. Di hadapan saya sudah berbaris rapih para siswa SMP-SMA Labschool Jakarta. Mereka telah siap melaksanakan upacara bendera. Kali ini, kami semua mengenakan batik. Sebuah karya anak bangsa yang sudah diakui dunia.

Upacarapun dimulai, dan betapa bangganya saya ketika pasukan pengibar pendera (paskibra) melangkah dengan pasti menuju tiang bendera. Gagah dan cantik sekali pemuda-pemudi kita. Saya bangga dengan para generasi penerus ini. Saya pun langsung mengabadikannya dalam kamera canon kebanggaan saya. Berusaha mencari muka untuk ditampilkan di kompasiana. Hahahahaha.

banyak sms masuk ke hp jadul omjay

Ketika sedang asyik memotret para siswa, banyak anak-anak yang memanggil saya. Saya pikir mereka akan minta izin untuk keluar dari barisan. Namun rupanya mereka cuma ingin menyampaikan pesan selamat ulang tahun buat saya. Saya pun baru tersadarkan kalau hari ini saya berulang tahun yang ke -17, hehehehehe.

Ultah Omjay, dan peringatan sumpah pemuda memang sama waktunya. Sama-sama tanggal 28 Oktober. Oleh karena itu, saya bersyukur karena tak perlu merayakannya. Saya pun tak perlu keluar biaya  dari kocek pribadi, karena semuaya sudah ditanggung oleh negara, hahahaha. (Emang hanya peliseran anggota DPR aja yang ditanggung negera?)

Terima kasih bagi para pemuda yang sudah merayakan peringatan sumpah pemuda ini dengan semangat yang membara. Satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa kita.

Sebagai seorang guru yang lahir pada tanggal itu, tentu semangat membara para pemuda untuk tetap mempertahankan Indonesia ada di hati ini. Tak akan kubiarkan Indonesia terkoyak, dan nusantara harus terus terajut dalam negara yang bernama INDONESIA. Nama Indonesia harus terus berkibar di seantero dunia.

Negeri ini sedang diuji. Banyak bencana melanda negeri yang kita cintai ini. Jangan biarkan diri kita asyik dengan keegoisan. Kita bantu sudara-saudara kita yang terkena bencana. Para pemuda harus menjadi penggeraknya. Sejarah telah mencatat bahwa bangsa ini besar karena jasa para pemuda yang siap mati membela negaranya. Mereka memiliki tekad baja untuk merdeka dan terbebas dari penjajah.

Akhirnya, ultah omjay dan peringatan sumpah pemuda di sekolah telah menyadarkan diri ini akan peran penting para pemuda dalam membesarkan bangsa. Selamat hari sumpah pemuda dan teruslah berkarya untuk bangsa dan negera tercinta. INDONESIA.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline