Lihat ke Halaman Asli

Wijaya Kusumah

Guru Blogger Indonesia

Masa Depan E-Pendidika@n di Indonesia

Diperbarui: 26 Juni 2015   15:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

[caption id="attachment_183693" align="alignleft" width="500" caption="Salah satu Slide pak Winarno"][/caption]

Jum'at, 2 Juli 2010, saya  menghadiri seminar sehari dengan topik "Masa Depan e-Pendidik@n di Indonesia". Kegiatan itu dilaksanakan oleh Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia (Apkomindo) yang bekerjasama dengan Ikatan Guru Indonesia (IGI). Acara ini bertempat di Ruang Lawu Lantai 6 Pusat Niaga PRJ Kemayoran.  Para pembicara dalam seminar sehari ini adalah Ir. Michael S. Sunggiardi (staf ahli Pustekkom), DR. PM Winarno (dosen UMN), dan Siti Wulandari (Microsoft Indonesia).

Menarik sekali apa yang disampaikan oleh ketiga pembicara itu. Dihadapan lebih dari 100 orang guru, mereka membuka mata kami akan pentingnya pemanfaatan ICT untuk pendidikan. Dunia pendidikan membutuhkan dukungan IT, sebab keadaan sekolah saat ini masih berpusat pada guru. Itulah hal penting yang disampaikan oleh pak Michael dalam seminar sehari ini.

Pak Winarno juga mengingatkan tentang terjadinya konvergensi media yang mendorong pendidikan. Perkembangan IT memudahkan 10 media tergabung menjadi satu mobile device. Anak-anak pun sekarang ini lebih suka mendownload materi pelajaran dari internet daripada membaca buku langsung. Mereka tidak lagi memakai buku untuk membaca materi pelajaran, melainkan menggunakan layar komputer seperti laptop. Oleh karena itu, peserta didik harus didorong untuk menggunakan komputer untuk belajar. Bukan hanya sekedar bermain games dan berchating ria melalui facebook.

Dunia pendidikan yang semakin terus berkembang juga dipengaruhi oleh perkembangan teknologi.  Teknologi ada bukan mengganti fungsi guru, tetap justru menjadi alat bantu guru dalam menyampaikan materi pelajarannya. Itu sebabnya guru harus melek ICT dan tidak gaptek. Guru harus mau terus belajar menambah pengetahuan dan keterampilannya. Mampu mengintegrasikan ICT dalam pembelajaran yang menyenangkan peserta didik.

Microsoft Indonesia sangat fokus dengan pelatihan guru, dan menjual produknya dengan harga murah untuk pendidikan. Microsoft juga siap diundang oleh sekolah untuk memberikan informasi tentang perkembangan dunia IT kepada para guru dan  peserta didik. Begitu kata ibu Siti Wulandari dari Microsoft.

Bahkan pak Winarno dari Universitas Multimedia Nusantara (UMN) mengajak para guru untuk mengikuti pelatihan gratis pengembangan pembelajaran Berbasis ICT untuk guru di kampusnya. Beliau memberikan alamat email dan no. Handphonenya bagi guru yang berminat mengikutinya.

Education online memang telah menjadi isu besar dalam dunia pendidikan. Para pendidik harus mampu memanfaatkan komputer dan internet untuk pendidikan. Oleh karena itu para guru harus segera meninggalakan budaya lama menuju ke budaya baru dan merubah pola berpikirnya untuk memanfaatkan ICT untuk kemajuan pendidikan.

Hal terpenting dari pemanfaatan ICT itu adalah kemampuan guru dalam menulis harus ditingkatkan. Menurut pak Winarno, tulisan yang bagus adalah tulisan yang berasal dari hasil penelitian dan bukan hanya sekedar dari kajian pustaka.

Bagi teman-teman kompasiana yang membutuhkan ketiga slide presentasi dari ketiga pembicara itu, dapat mengirimkan email kepada saya di wijayalabs@gmail.com. Semoga bermanfaat.

Salam Blogger Persahabatan

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline