Lihat ke Halaman Asli

Wijaya Kusumah

Guru Blogger Indonesia

Menumbuhkan Kreativitas Menulis Melalui Blog

Diperbarui: 26 Juni 2015   20:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

13026557601295962656

Blog di internet bermanfaat untuk menumbuhkan kreativitas menulis. Agar blog yang sudah dibuat menjadi menarik, maka perlu diisi dengan tulisan-tulisan yang bermanfaat serta mengundang orang untuk memberikan komentar dan berpartisipasi.

Adanya blog mengarahkan siswa untuk menciptakan informasi dan bukan hanya mencari informasi di internet. Sayangnya, menjamurnya blog di internet tidak diimbangi dengan budaya menulis di kalangan siswa. Penulis pernah melakukan penelitian, dari 22 siswa di kelas akselerasi SMP Labschool Jakarta di bulan Desember 2007 yang diberikan tugas mengelola blog, hanya 4 siswa (18%) yang memposting (membuat tulisan) di blognya. Sisanya 18 siswa (82%) hanya sekedar membuat blog saja dan tidak meng-update tulisannya.

Penulis mencoba melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan minat dan kreativitas menulis siswa akselerasi pada pengelolaan blog di internet. Penelitian ini dilaksanakan selama 9 bulan (3 siklus). Subyek dalam penelitian adalah siswa kelas Akselerasi Tahun I SMP Labschool Jakarta.

Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, mengobservasi kegiatan siswa, penyebaran kuesioner, pemberian tugas internet dan penilaian blog siswa dengan membaca isi tulisan siswa. Melalui pengelolaan blog, siswa diminta untuk menuliskan apa saja yang menarik perhatiannya, sehingga siswa dapat memberikan informasi yang bermanfaat untuk semua, termasuk pernak-pernik blog yang menghiasi disain blognya.

Pada PTK ini, guru merencanakan tindakan perbaikan untuk menumbuhkan kreativitas menulis siswa melalui pembelajaran mengelola blog, dengan cara: (1) memberikan motivasi belajar kepada siswa untuk senantiasa mengupdate blognya, (2) memberikan tugas-tugas internet di rumah atau di warnet yang mengarahkan siswa untuk menulis pada proses pengelolaan blog, (3) memberikan contoh bagaimana menulis yang baik di blog, (4) memberikan komentar positif pada blog siswa, sehingga siswa merasa tulisannya dihargai, (5) membuat sendiri media pembelajaran dengan materi pengelolaan blog yang mudah dipahami siswa dengan program Camtasia 5.

Melalui pembelajaran mengelola blog diharapkan siswa lebih aktif dalam bertanya, bercerita, mengungkapkan isi hatinya, dan memiliki kreativitas menulis. Sehingga kebermanfaatan blog yang dibuat oleh siswa akan menambah khasanah ilmu pengetahuan baru dalam mewujudkan pendidikan bermutu.

Hasil penelitian menunjukkan adanya pertumbuhan kreativitas menulis siswa. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil pengelolaan blog siswa di internet yang beraneka ragam kreativitas menulisnya. Bertambahnya jumlah tulisan siswa yang bermanfaat dan banyaknya jumlah pengunjung yang membaca dan memberikan komentar juga menjadi indikator adanya pertumbuhan. Semua tulisan mereka itu dapat dibaca dan dilihat di internet melalui alamat blog siswa akselerasi yang ada dalam blog http://wijayalabs.blogspot.com.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline