Lihat ke Halaman Asli

Wijaya Kusumah

Guru Blogger Indonesia

Aksi untuk Indonesia Bersama TWC dan KSGN (2)

Diperbarui: 17 Juni 2015   22:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

TWC

Dalam tulisan saya sebelumnya, saya ceritakan bagaimana kegiatan Teacher Writing Camp (TWC) dapat berjalan dengan sukses dan lancar dari mulai TWC1, TWC2, dan TWC3.  Anda bisa membacanya dulu di http://edukasi.kompasiana.com/2014/10/05/aksi-untuk-indonesia-bersama-twc-dan-ksgn-1-678496.html. [caption id="" align="aligncenter" width="420" caption="TWC di Kampus UNJ Rawamangun Jakarta Timur"][/caption] Alhamdulillah, di acara TWC pertama kami dapat mengundang penulis kenamaan Pipit Senja (penulis buku aku mau jadi teroris), di TWC kedua kami mengundang J Sumardianta (penulis buku Guru Gokil Murid Unyu) dari Yogyakarta, dan di TWC 3 kami dapat mengundang penulis buku mega best seller Ahmad Fuadi, penulis buku novel 5 menara. Selain mereka, kami juga mengundang penulis buku lainnya yang berasal dari kalangan guru itu sendiri.

[caption id="attachment_327738" align="aligncenter" width="600" caption="Omjay Founder KSGN dan TWC"]

14126383911745679066

[/caption] Tentu semua itu terjadi karena restu dari Allah dan kekuatan kebersamaan. Sebab saya melaksanakan kegiatan itu hanya bermodalkan niat yang kuat saja. Saya yakin Allah akan membantu saya. Terlebih lagi saya memiliki sahabat guru yang luar biasa. Mereka dengan sepenuh hatinya ikut mensukseskan acara ini dengan baik. Para pembicara yang dihubungi saya minta untuk berbagi ilmunya tanpa dibayar, karena ini adalah kegiatan sosial dan kami hanya menyediakan transportasi mereka saja. Itupun bila ada anggarannya. Bila tidak ada, kami akan terbuka mengatakannya kepada mereka. [caption id="" align="aligncenter" width="448" caption="Kegiatan Intip Buku di Gedung Bank Indonesia"]

Intip Buku di Gedung Bank Indonesia

[/caption] Selain kegiatan TWC, ada kegiatan lainnya yang kami selenggarakan. Kami sudah pernah pula mengadakan kegiatan intip buku. Kegiatan intip buku pertama dilaksanakan di menara Syafrudin Gedung Bank Indonesia pada Sabtu, 28 April 2012. Kami juga melaksanakan lomba blog yang pemenangnya diumumkan di http://media.kompasiana.com/buku/2012/05/06/pemenang-lomba-menulis-liputan-intip-buku-di-menara-syafrudin-bank-indonesia-461081.html. Kegiatan intip buku yang kedua, rencananya akan dilaksanakan di Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Komunitas Sejuta Guru Ngeblog (KSGN) bekerjasama dengan TMII akan menggelarnya pada Minggu, 26 Oktober 2014 di Museum Olahraga TMII. Datang ya!

[caption id="" align="aligncenter" width="400" caption="Kegiatan Intip Buku KSGN"]

Kegiatan Intip Buku KSGN

[/caption] Kegiatan demi kegiatan alhamdulillah telah dilaksanakan dengan baik. Kami tidak pernah menyangka, apa yang kami gulirkan mendapatkan respon yang luar biasa dari para guru. Ketika Komunitas Sejuta Guru Ngeblog terbentuk, kami tidak pernah bermimpi dapat melaksanakan kegiatan pelatihan guru menulis dan ngeblog gratis sampai angkatan ke-6. Jadi hampir setiap bulan, kami mengadakan pelatihan guru menulis dan ngeblog. Padahal kami tak punya dana sama sekali untuk melaksanakannya. Semua itu bermodal tekad dan kebersamaan pengurusnya di bawah kendali sekjen KSGN, Namin AB Solihin. Kami mencoba membuat kegiatan tanpa bantuan sponsor. Kegiatan ini adalah murni dari guru, oleh guru dan untuk guru. Mereka yang memiliki pengetahuan tentang blog dan pernak-pernik blog saya minta untuk memberikan ilmunya kepada guru lainnya. Selain itu, saya minta para nara sumber untuk memberikan motivasi ngeblog kepada para peserta. Profil KSGN dapat anda unduh di sini. Saya tidak ingin, mereka ngeblog untuk yang pertama dan terakhir. Sebab banyak orang yang sudah memiliki blog tidak mengelola blognya dengan baik. Akibatnya, blog pribadinya tidak pernah diupdate dan tidak muncul tulisan baru. Hal ini tentu menjadi permasalahan yang kami carikan solusinya dengan memotivasi mereka. Kami ingin mereka mendapatkan keajaiban ngeblog dan rezeki yang menyertainya. Semua hal tentang KSGN dan kegiatannya, dapat anda lihat di http://sejutaguru.wordpress.com/. Semoga aksi untuk Indonesia bersama TWC dan KSGN dapat terus dilaksanakan dalam suka maupun duka. dukungan dan doa dari pembaca sangat kami harapkan. kekuatan doa ternyata sangat luar biasa, dan mohon doanya, kami akan melaksanakan kembali pelatihan guru menulis dan ngeblog angkatan ke-7 di Tangerang pada Minggu, 12 Oktober 2014 di Syafana Islamic school.

[caption id="attachment_327740" align="aligncenter" width="400" caption="Poster kegiatan KSGN"]

141263936654711335

[/caption] Salam Bloger Persahabatan Omjay http://wijayalabs.com



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline