Lihat ke Halaman Asli

Wiharani Okta Ayustiya

Mahasiswa Universitas Jember

Inovasi Produk dan Digital Marketing, Mahasiswa KKN Unej Berdayakan UMKM Terdampak Covid-19

Diperbarui: 29 Agustus 2021   00:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Inovasi Produk dan Digital Marketing, Mahasiswa KKN Unej Berdayakan UMKM Terdampak Covid-19

            Universitas Jember (http://unej.ac.id) kembali melakukan program Kuliah Kerja Nyata yang dilakukan di kampung halaman (KKN Back To Village 3). KKN ini dilakukan secara mandiri dikampung halaman oleh mahasiswa Universitas Jember dikarenakan masih dalam masa pandemi dan adanya PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat). Kegiatan KKN dilakukan selama 30 hari pada tanggal 11 Agustus 2021 -- 9 September 2021.

            Sejak masa pandemi seperti saat ini memberikan dampak yang sangat buruk bagi pemilik UMKM. Seperti halnya penjualan yang semakin menurun yang menyebabkan perekonomian juga menurun. Oleh sebab itu, mahasiswa Universitas Jember bernama Wiharani Okta Ayustiya kelompok 12 dengan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Dr. Eko Crys Endrayadi, M.Hum mengabdi kepada masyarakat untuk memberdayakan wirausaha yang terdampak Covid 19. Salah satu daerah yang menjadi sasaran lokasi KKN yaitu Desa Tegalampel, Kecamatan Tegalampel, Kabupaten Bondowoso. Desa Tegalampel merupakan desa yang penduduknya mayoritas sebagai petani dan sebagian mendirikan usaha sendiri seperti UMKM (Unit Mikro Kecil Menengah). Salah satu contohnya yaitu UMKM rempeyek dan kue kering milik Ibu Zainab. Selama awal pandemi, usaha yang dijalankan Ibu Zainab sementara berhenti produksi. Hal ini dikarenakan UMKM tersebut sebelumnya hanya menjualkan produk ke kantor kantor dan sistem pemasarannya juga masih mulut ke mulut. Selain itu perlu adanya inovasi produk seperti pemberian label produk dan pembaruan kemasan (packaging).

            Berdasarkan masalah tersebut, Rani mahasiswa KKN BTV 3 dampingi Ibu Zainab yang merupakan pemilik UMKM dalam melakukan program kerja KKN menerapkan inovasi produk dan digital marketing guna memberdayakan usaha tersebut agar mampu bertahan meskipun pada masa pandemi.

Inovasi Produk dan Digital Marketing, Mahasiswa KKN Unej Berdayakan UMKM Terdampak Covid-19

            Dengan adanya program kerja tersebut, diharapkan bisa menambah wawasan dan membantu perekonomian Ibu Zainab sehingga mampu memberdayakan wirausaha yang terdampak Covid 19 di Desa Tegalampel khususnya UMKM rempeyek dan kue kering milik Ibu Zainab. (Wiharani Okta Ayustiya/KKN BTV 3/Kelompok 12/Bondowoso/Dr. Eko Crys Endrayadi, M.Hum)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline