Lihat ke Halaman Asli

Dewi Wulan Angraeni

Guru Sekolah Dasar

Jurnal Refleksi Dwimingguan Ketiga

Diperbarui: 13 November 2022   18:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Model Refleksi Six Thinking Hats (Teknik 6 Topi)

Melaksanakan suatu perubahan bukanlah hal yang mudah. Awali dengan hal kecil dan sederhana yang bisa kita lakukan.

Pada dwiminggu ketiga ini, saya menggali pengetahuan dan keterampilan pada modul 1.3 tentang Visi Guru Penggerak. Kegiatan yang dilakukan adalah dengan melaksanakan alur MERDEKA. Alur "Mulai dari Diri" dilaksanakan pada 26 September 2022. Pada kegiatan mulai dari diri, saya membuat gambar impian murid saya di masa depan, kemudian membuat sebuah visi. Tugas yang diupload pada LMS pada waktu itu adalah power point (PPT).

Alur Eksplorasi konsep dilaksanakan pada tanggal 27-28 September 2022. berselancar di LMS dan mengerjakan tugas-tugas. Tugas yang dikerjakan yaitu membuat canvas BAGJA berdasarkan impian diri yang telah tecapai, berbgi visi murid impian, dan berbagi kesimpulan tentang Inkuiri Apresiatif. pada kegiatan Eksplorasi Konsep-Mandiri. Selain itu, saya juga memberikan tanggapan/umpan balik pada peserta CGP lainnya.

Alur Ruang Kolaborasi dilaksanakan pada tanggal 29-30 September 2022. Pada tanggal 29 September 2022, kami bertatap maya di ruang kelas B. Kami mengeksplor modul 1.3 dibersamai oleh fasilitator (Bapak Yul_Pendri) dan  Pengajar Praktik (Umy Yati Saadah dan Ibu Yani Meilani). Pada saat itu, fasilitator membagi kami menjadi 2 kelompok. Saya menjadi anggota kelompok 3 bersama Ibu Iis Sakila, Ibu Iis Herlina, Ibu Yusmiati dan Ibu Rina Sugiartinengsih. Kami berdiskusi di BOR dibersamai oleh Umy Yati Saadah untuk membuat satu visi bersama berdasarkan visi masing-masing, lalu membuat pernyataan prakartsa perubahan,menyusun ATAP dan merumuskan BAGJA.

Pada tanggal 30 September 2022, kami bertatap maya kembali di Ruang Kolaborasi untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompok di BOR. Kelompok kami mendapat kesempatan pertama untuk mempresentasikan hasil diskusi. Alhamdulilah, kelompok kami pun dapat mempresentasikan dengan baik. Diskusi kali ini sangat seru, karena semua CGP anktif dalam mengajukan pertanyaan dan memberikan masukan.

Alur berikutnya adalah Demonstrasi Konstektual yang dilaksanakan pada 3 Oktober 2022. Pada alur ini, saya membuat rancangan tindakan perubahan berdasarkan tahapan BAGJA untuk melakukan perubahan pada diri sehingga semakin berdaya dalam berpihak pada murid.

Pada tanggal 5 Oktober 2022, saya melaksanakan alur Elaborasi pemahaman dengan membuat satu pertanyaan untuk instruktur, dan dituliskan pada LMS. 6 Oktober 2022, saya melaksanakan alur Elaborasi Pemahaman melalui room bersama instruktur yang hebat yaitu Bapak Feri Taupik Ridwan.

Alur Koneksi antar materi dilaksanakan pada tanggal 7 Oktober 2022. Setelah mempelajari modul 1.1 hingga modul 1.2, modul 1.3, dan mendapatkan pencerahan dari intruktur  hebat, saya merumuskan keterkaitan peran pendidik dalam mewujudkan filosofi pendidikan Ki Hadjar Dewantara dan profil pelajar Pancasila dengan paradigma Inkuiri Apresiatif. Saya juga merevisi visi yang telah dibuat agar lebih membangkitkan semangat komunitas di sekolah saya.

Aksi nyata penerapan modul 1.3 saya laksanakan selama 1 hari. Saya mengimplementasikan tindakan yang telah dirumuskan melalui BAGJA, yaitu melaksanakan pembelajaran yang meningkatkan kreativitas murid melalui pemanfaatan media sosial pada materi bangun datar lingkaran.

Perasaan saya dalam dua minggu ini mengalai pasang surut. Pada saat alur mulai dari diri, saya sangat antusias dan semangat. Walaupun tidak bisa menggambar, saya berusaha sebaik mungkin menggambar murid impian saya di masa depan. Dengan harapan, semua impian saya menjadi do'a dan menjadi kenyataan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline