*)Tulisan ringan sembari minum kopi,selamat pagi semua. [caption id="attachment_193505" align="aligncenter" width="300" caption="Papan iklan "][/caption] Cara menarik perhatian terutama di dunia periklanan semakin maju seirama dengan kemajuan peradaban dan zaman.Saking majunya hal-hal yang kurang normalpun bisa dijadikan " trik" untuk meraih dan menarik perhatian umum atau konsumen. Yang menarik perhatian ketika saya selalu lewat ke sebuah Super Market di Riyadh,Saudi Arabia,tepatnya super market Al Othaim,yang memasang papan iklan sekaligus sebagai "mercusuar"nya dimana sebuah tempat berada. Seperti terlihat dalam gambar hasil jepretan foto amatiran di atas,di sana tertulis dalam hurup Arab dan hurup Latin,English. Tertulis ," Maftuh/Open 25 Hours/Saath/Jam, artinya buka sehari semalam non stop",yang menjadikan saya ingat terus dan heran,sehari semalam 25 Jam,bukankah pada umumnya jumlah jam sehari semalam itu hanya 24 jam ? Saya jadi teringat ke tanah air ,dimana mereka para pedagang makanan dan minuman dengan kreatif menciptakan nama-nama unik untuk menarik pembeli dan nama dagangan mereka mudah dikenal serta dijamin akan ingat terus. Misalnya,Bakso Rudal,Sate Bang Memed,Bakso Setan,Es pocong,Kerupuk Inul (ketika Inul Daratista sedang ngetop) dan sebagainya. Termasuk saya lihat di papan iklan sebuah super market di Riyadh ini,Al Othaim (baca : Al Oseim),membuat iklan mercusuarnya dengan Buka 25 jam. Bandingkan dengan foto Hyper market berikut yang papan iklannya normal Hyper market Panda, [caption id="attachment_193506" align="aligncenter" width="300" caption="Open/Maftuh 24 Jam,Hypermarket Hyper Panda,Riyadh.(foto; koleksi AS)"]
[/caption] Kedua super market ini merupakan super market terlaris selain super market yang lainnya di Riyadh,salah satunya yang terlaris adalah super market Al Othaim yang memasang iklan Open 25 jam (?). [caption id="attachment_193507" align="aligncenter" width="300" caption="Gambar koleksi AS"]
[/caption] [caption id="attachment_193508" align="aligncenter" width="300" caption="Pintu masuk super market yang buka 25 jam,Al Othaim (foto:AS)"]
[/caption] Trik iklan atau salah cetak sablon ?,pernah penulis iseng-iseng bertanya tentang papan iklan ini ke salah satu staf gudang super market ketika penulis mengirim barang ke sana. Jawabannya " lat fikir ya sadik !, hada iklan majnun....hehehe (jangan terus dipikir kawan,ini iklan "gila-gilaan" hehe)...." (majnun bukan terjemahan harfiah,namun arti istilah "sensasi saja" ). Saya : "...? majnun ?,sensasi ?...bukan ah ,itu kreatif lho...".
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H