Lihat ke Halaman Asli

Energi Terbaru, Pengertian dan Jenis-Jenis Energi Terbaru

Diperbarui: 3 September 2024   07:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Energi terbarukan sering menjadi pembahasan utama dalam beberapa tahun terakhir. Kita ketahui bahwa energi dalam keseharian sangat banyak digunakan misalnya energi listrik . Lalu apa itu energi terbarukan? dan mengapa energi terbarukan begitu penting? Un6uk itu simak penjelasa berikut ini.

Pengertian Energi

Energi tidak dapat lepas dari makluk hidup terutama manusia. Energi banyak di manfaatkan oleh manusia dalam kehidupan sehari-hari, misalnya saat menjemur pakaian kita memerkan energi matahari untuk mengeringkan pakaian. Lalu apasih itu energi. Energi adalah kemampuan untuk melakukan kerja atau usaha. Tanpa energi kita akan sulit melakuakn kerja. Mislanya energi dalam tubuh akan membantu organ-organ tubuh bekerja. Lalu energi listrik dan kinetik dalam keseharian kita yang dapat ditemukan di rumah seperti lampu, kulkas, mobil, dan motor.

Bentuk-Bentuk Energi dan Konversi Energi

Energi memiliki beberapa bentuk. Bentu-bentuk energi diantaranya: energi kinetik, energi potensial, energi cahaya, energi listrik, energi bunyi, energi kimia, energi panas, da energi angin.

  • Energi Kinetik, energi yang dapat diartikan sebagai energi yang dipengaruhi oleh gerak. Contoh saat melempar suatu bola. Bola yang dilempar akan berpindah temat, perubahan ini menunjukkan bahwa bola memiliki energi.  
  • Energi potensial, energi yang dimiliki benda karena dipengaruhi oleh kedudukanya. Energi potensial memiliki beerapa bentuk yaitu energi potensial gravitasi, energi potensial pegas, dan lain sebaginya.
  • Energi mekanik, energi ini didapatkan karena dalam suatu benda terdapat energi potensial dan energi kinetik. Kedua energi ini dijumlahkan sehingga disebutlah energi mekanik.
  • Energi panas, energi ini terjadi karena perubahan suhu pada benda. Energi ini akan menjalar dari tempat panas ke tempat yag lebih dingin. Energi ini dapat kita rasakan dengan indra dan dapat juga kita ukur dengan termometer.
  • Energi cahaya, energi ini terbentu dan berfungsi untuk menerangi kegelapan. Cahaya yang dihasilkan energi dapat di temukan dari lampu atau cahaya matahari.
  • Energi bunyi, energi ini berasal dari getaran bunyi suatu benda.
  • Energi listrik, energi yang berasal dari aliran suatu mutan listrik

Lalu bagai mana jika suatu energi habis? Tenang saja, suatu tidak akan habis bila pemicu energi tidak habis. Energi juga dapat di konversi yang artinya energi dapat berubah menjadi bentuk energi lainya, yang artinya energi dapat kita bentu dengan merubah energi lain menjadi energi yang kita inginkan. Contohnya:

  • Pada sepeda listrik yang menggunakan batrai dikonversi atau berubah menjadi energi kinetik agar sepeda dapat bergerak.
  • Panel surya yang mengubah energi matahari menjadi energi listrik. Dan masih banyak lagi konversi energi yang dapat ditemukan di kehidupan sehari-hari.
  • Lampu listrik, yang mengubah energi listrik menjadi energi cahaya.
  • Turbin angin yang mengubah energi angin menjadi energi listrik
  • Turbin air mengubah energi air menjadi energi listrik.
  • Energi dari fosil dirubah menjadi energi listrik

Coba kalian perhtikan konversi energi diatas. Ternyata sumber energi diatas ada yang dapat diperbarui dan ada yang tidak dapat diperbarui. Contoh energi yang dapat diperbarui adalah energi dari fosil dan energi yang dapat diperbarui seperti energi angin dan air. Inilah cikal bakal dari energi terbarui yang akan kita bahas.

Pengertian Energi Terbarukan

Energi terbarukan adalah sumber energi yang berasala dari alam dan dapat diperbaharui secara alami. Contoh energi terbaru adalah energi sinar matahari, angin, air, dan panas bumi. Konsep energi terbarukan mulai dikenal pada tahun 1970-an. Energi terbaru diupaya untuk mengimbangi pengembangan energi berbahan bakar fosil dan nuklir. Berbeda dengan energi terbarukan, bahan bakar fosil seperti minyak, gas alam, dan batu bara membutuhkan jutaan tahun untuk terbentuk dan lambat laun akan habis sehingga energi ini bisa dikatakan energi non-terbarukan.

Berbeda dengan energi non-terbarukan, energi terbarukan memeiliki beberapa manfaat. Manfaat energi yang pertama adalah ramah lingkungan, energi terabrukan cendrung ramah lingkungan sehingga tidak menyebabkan pencemaran lingkungan dan perubahan iklim. Kelebihan kedua adalah tidak akan pernah abis karenan energi ini dihasilkan dari proses alam yang terus menerus terjadi. Ketika adalah pemeliharaan yang lebih mudah karena peralatan yang digunakan untuk menggunakan energi ini cendrung sederhana. Dan manfaat terakhir adalah mendorong pertumbuhan ekonomi.

Jenis-Jenis Energi Terbarukan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline