Lihat ke Halaman Asli

Widya KhoirunNissa

Mahasiswa aktif S-1 Matematika Universitas Airlangga

Upaya Pemulihan Pandemi Covid-19 Melalui Digitalisasi

Diperbarui: 20 Juni 2022   10:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Pandemi Covid-19 yang membuat masyarakat Indonesia harus berdiam diri di rumah seringkali disebut sebagai pendorong dari digitalisasi di Indonesia. Hal ini karena masyarakat Indonesia mau tidak mau harus melakukan segala kegiatan secara online, sebut saja dalam bekerja hingga bersekolah. Namun, nyatanya digitalisasi yang terjadi di Indonesia justru merupakan upaya yang dapat memberikan peluang besar terhadap masyarakat Indonesia pada masa pemulihan pasca pandemi global Covid-19. 

Digitalisasi yang terjadi di Indonesia dianggap sebagai salah satu cara yang dapat digunakan masyarakat untuk membangkitkan perekonomian nasional pasca pandemi. Selama masa pandemi hingga setelah masa pandemi, kehadiran dari digitalisasi di Indonesia menjadi peluang dalam perekonomian karena tidak sedikit masyarakat Indonesia yang mengakses platform online sekarang ini.

Perkembangan digitalisasi Indonesia memang kebanyakan dapat dilihat dari perubahan sistem perekonomian di Indonesia yang sekarang cenderung lebih digital melalui kehdiran dari e-commerse. Sekarang ini bahkan terdapat anggapan mengenai perekonomian digital yang menunjuukan dampak perkembangan digitalisasi ekonomi. 

Pandemi Covid-19 pun menjadi penanda bagi perkembangan digitalisasi di Indonesia. Maka dari itu, apabila dapat dimanfaatkan dengan baik, perkembangan digitalisasi di Indonesia akna membantu meningkatkan perekonomian hingga perkembangan sektor lain di Indonesia. Transformasi digitalisasi di Indonesia ini harus dioptimalkan oleh masyarakat maupun pemerintah demi kebaikan Indonesia di masa depan. 

Dalam beberapa negara, digitalisasi melalui perkembangan teknologi merupakan salah satu bentuk dari globalisasi. Oleh karena itu, masyarakat Indonesia hingga pemerintah diharapkan bisa menyesuaikan diri dengan perkembangan dari digitalisasi di Indonesia. Terutama di era revolusi industri 4.0 sekarang ini.

Dalam upaya pemulihan pasca pandemi Covid-19, perkembangan digitalisasi di Indonesia dapat dimanfaatkan untuk mengoptimalisasi produktivitas perekonomian, hingga mempermudah kegiatan masyarakat Indonesia dalam melakukan suatu aktivitas. 

Transformasi digitalisasi di era pandemi ini mampu menjadi solusi yang efektif dalam pemulihan untuk mengembalikan kondisi Indonesia seperti sebelum pandemi Covid-19 kala itu. Untuk mencapai optimalisasi digitalisasi tersebut dibutuhkan berbagai dukungan dari pemerintah hingga masyarakat menciptakan ide kreatif hingga inovatif agar digitalisasi dapat diimplementasikan dengan maksimal.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline