Lihat ke Halaman Asli

Widya Cantika

22107030014 UIN SUKA

Kuliner Legendaris Dari Tahun 1960an Khas Jogja Yang Menjadi Langganan Para Artis? Ini Dia Mangut Lele Mbah Marto!

Diperbarui: 13 Maret 2023   03:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Potret Mbah Marto dalam Proses Pembakaran Ikan Lele (sumber: via instagram @bagustikus)

Mangut Lele Mbah Marto adalah salah satu kuliner khas Yogyakarta yang populer di kalangan masyarakat setempat dan wisatawan. Kuliner ini sangat terkenal karena cita rasanya yang khas dan bumbunya yang sangat menggugah selera. Mangut Lele Mbah Marto ini terletak di kawasan Sewon Bantul, Yogyakarta, dan telah menjadi warung makan yang legendaris sejak puluhan tahun yang lalu.

Mangut Lele Mbah Marto memiliki sejarah yang panjang dan sudah dikenal sejak zaman dahulu. Warung makan ini didirikan oleh Mbah Marto, seorang perempuan lanjut usia yang sangat terkenal di kawasan Sewon Bantul karena keahliannya dalam memasak mangut lele. Mbah Marto memulai usahanya dengan menjual mangut lele secara door to door, dengan menggunakan sepeda onthel. Dalam perjalanannya, Mbah Marto mendapatkan banyak pelanggan setia yang merasa terpuaskan dengan citarasa mangut lelenya.

Saat ini, Mangut Lele Mbah Marto telah menjadi warung makan yang sangat terkenal di kawasan Sewon Bantul dan sekitarnya. Warung makan ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal dan mancanegara yang ingin mencicipi mangut lele khas Yogyakarta. Selain itu, Mangut Lele Mbah Marto juga terkenal sebagai tempat makan favorit di kalangan mahasiswa yang tinggal di sekitar kawasan Sewon Bantul.

Mangut Lele yang dimasak secara tradisional dalam jumlah banyak (sumber: via instagram @jajanjogya)

Mangut lele yang disajikan di Mangut Lele Mbah Marto memiliki citarasa yang sangat khas dan istimewa. Mangut lele ini terbuat dari lele yang dipanggang dengan menggunakan bumbu khas Yogyakarta seperti lengkuas, daun salam, serai, dan cabai. Mangut lele ini memiliki aroma yang sangat wangi dan cita rasa yang sangat gurih dan pedas. Selain itu, mangut lele ini juga disajikan dengan nasi putih yang pulen dan sambal yang pedas.

Salah satu keunikan dari Mangut Lele Mbah Marto adalah cara penyajiannya. Mangut lele disajikan dalam wadah dari daun pisang yang memberikan aroma yang sangat khas. Selain itu, warung makan ini juga memiliki suasana yang sangat khas, khususnya pada dapurnya sangat tradisional. Dengan suasana yang sederhana dan ramah, Mangut Lele Mbah Marto menjadi tempat yang sangat nyaman untuk makan bersama keluarga atau teman-teman.

Harga yang ditawarkan oleh Mangut Lele Mbah Marto juga sangat terjangkau. Dengan harga yang hanya sekitar Rp 15.000 - Rp 25.000 per porsi, wisatawan bisa menikmati mangut lele yang sangat lezat dan istimewa. Selain itu, warung makan ini juga menyediakan menu selain mangut lele, yaitu garang asem, opor, gudeg, krecek, dan berbagai sayur khas dari warung makan ini, adapun berbagai macam minuman tradisional seperti wedang jahe, wedang ronde, dan es kelapa muda yang sangat segar dan menyegarkan.

Bagi para pecinta kuliner, Mangut Lele Mbah Marto adalah tempat yang wajib dikunjungi saat berkunjung ke Yogyakarta. Warung makan ini telah menjadi ikon bagi masyarakat Sewon. Tak hanya itu, mangut lele ini telah dikunjungi banyak food vlogger seperti Nex Carlos, Magdalenaf, Farida Nurhan, Separuh Aku Lemak, dan masih banyak lagi, bahkan juri MasterChef Indonesia, Chef Renatta pun telah menyicipinya.

Gimana tertarik untuk menyantap cita rasa yang sempurna dari Mangut Lele Mbah Marto Khas Jogja? Cari di gmaps “Mangut Lele Dapur Asli Mbok Marto Ijoyo” untuk daerah Sewon, dan untuk daerah Patalan bisa di cari “Mangut Lele Mbah Marto Patalan Jetis Bantul”.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline