Lihat ke Halaman Asli

Widya AtikaSari

SMKN 2 Tarakan

Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode STAD

Diperbarui: 29 Februari 2024   13:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Meningkatkan motivasi dan minat peserta didik dalam pembelajaran Dasar -- dasar Kontruksi Bangunan dan Perumahan , materi ajar perhitungan statika bangunan dengan topik perhitungan rangka batang sederhana dengan menggunakan metode Cremona.

menggunakan model  pembelajaran  Coorporative Learning Tipe STAD.

Latar belakang masalah dari praktik pembelajaran ini adalah:

Kurangnya minat dan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Dasar- dasar Kontruksi Bangunan dan Perumahan terutama materi perhitungan statika bangunan.

Guru kurang maksimal menerapkan media dan model pembelajaran yang inovatif pada materi perhitungan statika dengan topik materi ajar perhitungan rangka bantangs ederhana dengan menggunakan metode Cremona.

Saya yang berperan sebagai guru mempunyai tanggung jawab untuk melakukan proses pembelajaran ini secara baik, dengan menngunakan model dan media pembelajaran yang inovatif, sehingga tujuan pembelajaran yang diharapkan bisa tercapai dan mampu meningkatkan minat dan motivasi belajar peserta didik sehingga hasil belajar peserta didik meningkat.

Dari analisis hasil kajian wawancara dan kajian literatur penyebab rendahnya minat dan motivasi belajar peserta didik pada materi perhitungan statika:

Model pembelajaran yang belum sesuai dengan karakteristik peserta didik

Media pembelajaran yang kurang menarik

Dari penyebab tersebut, tantangan yang dihadapi oleh guru adalah:

Pemilihan model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik dan materi

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline