Lihat ke Halaman Asli

Bukan Mission yang Sesungguhnya

Diperbarui: 26 Januari 2017   21:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hiburan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Dalam sebuah game perang saat masa kecilku, dengan salah satu game PS, yang paling diingat penggunaan istilah Mission Failed, Mission Success, dan Mission Completed.

Yang dianggap Mission Failed itu, dalam game tersebut, di saat kamu sebagai Player-nya, kamu berhadapan dengan banyak musuh, jebakan ranjau darat, predator, keluar jalur, dan sebagainya. Kamu gagal melewatinya. Nah, di situ kamu akan mendapat pesan dialog "Mission Failed!".

Yang dimaksud Mission Success, di saat kamu berhasil mencapai target pertama, diistilahkan Level 1, menang berhadapan dengan musuh, bebas jebakan ranjau darat, jalur benar, dan sebagainya. Pemberitahuan pada kotak dialog "Mission Success".

Kemudian untuk Mission Completed, apabila kamu sebagai Player, berhasil menyelesaikan misi yang diemban dari Level 1 sampai Level 12. Meskipun dalam proses mengemban misi tersebut tidak selalu mulus lolos dari serangan musuh atau ranjau darat. Di akhir misi, tetap dengan pemberitahuan dialog "Mission Completed".

Dari game tersebut, aku menangkap pesan sederhana dengan ketiga istilah pada game tersebut. Jika mengemban misi, harus bersiap menghadapi berbagai kemungkinan-kemungkinan. Karena Misi tersebut paling mudahnya dengan digolongkan seperti game perang seperti yang dibahas di atas. Kalau nggak Misi Gagal, ya Misi Berhasil. Syukur-syukur Misi Lengkap. Semoga!

Eh, ngomong-ngomong, sebenarnya aku dulu bermain game nggak sampai Mission Completed. Karena terbatas di waktu. Maklum, karena dulu, nggak punya PS sendiri. Jadinya, sewa di lokasi terdekat penyewaan. Itu pun paling lama hanya dua jam saja. Hehehe

Atau mungkin ada yang kritis, dengan mengajukan pertanyaan, "kamu kok bisa tahu kalau game itu ada istilah Mission Completed?"

Aku jawab dengan beralibi, "yang nyewa PS kan nggak cuma aku di lokasi penyewaan. Teman disebelahku sudah memainkan game itu sampai Mission Completed. Dan aku pun tahu dengan melihatnya di TV."




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline