Lihat ke Halaman Asli

Gianluigi Donnarumma, The Next Gianluigi Buffon?

Diperbarui: 24 Oktober 2016   21:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gianluigi Donnarumma (AFP)

Nyaris setahun lalu, tepatnya 25 Oktober 2015, ada remaja cakep terlihat mengawal gawang AC Milan pada giornata kesembilan Serie A saat melawan Sassuolo. Pelatih AC Milan saat itu, Sinisa Mihajlovic, membuat keputusan mengejutkan dengan menggeser Diego Lopez sebagai kiper utama, supaya kiper belia ini bisa bermain. Hasilnya pun mengejutkan, karena AC Milan berhasil memenangi laga dengan skor 2-1, sekaligus memutus hasil buruk pada tiga pertandingan sebelumnya. Keren banget!

Siapakah kiper yang menjalani debut pada usia 16 tahun 242 hari itu? Kompasianer mungkin sudah tahu dengan melihat gambar di atas. Ya, kiper belia tersebut bernama Gianluigi Buffon Junior ... eh salah ... namanya Gianluigi Donnarumma! Hebatnya lagi, debut Donnarumma yang sebelumnya hanya menjadi kiper ketiga di bawah Diego Lopez dan Christian Abbiati ini mengalahkan rekor debutan kiper legendaris Italia, Gianluigi Buffon, yang baru melakukan debut saat berusia 17 tahun sembilan bulan!

Menurut informasi yang saya kumpulkan dari berbagai sumber, masih ada lagi catatan keren yang dibuat oleh pemain asli binaan akademi AC Milan tersebut, antara lain:

1) Donnarumma menjadi pemain termuda kedua yang menjalani debut di Serie A setelah legenda AC Milan, Paolo Maldini, yang mengawali karier profesionalnya saat berusia 16 tahun 208 hari. Kalau dihitung, selisih keduanya saat memulai debut karier profesional hanya 34 hari atau sebulan lebih sedikit. Hebat!

2) Kegemilangan Donnarumma telah mengubah tradisi klub yang lebih suka menggunakan kiper senior sejak Serie A musim 2000/2001. Dalam rentang waktu tersebut, gawang AC Milan pernah dikawal oleh Dida (debut saat berusia 27 tahun), dan Christian Abbiati (debut saat berusia 29 tahun). Diego Lopez bahkan memulai debutnya ketika udah jenggotan, karena kiper jebolan Real Madrid itu sudah berusia 33 tahun. Cool!

3) Donnarumma sudah bermain sebagai kiper utama saat membela AC Milan Primavera, di bawah kepelatihan eks striker AC Milan Filippo Inzaghi. Luar biasa!

4) Donnarumma bahkan sudah menjalani debut di level internasional saat mengawal gawang Italia saat melawan Perancis (1/9). Pelatih Italia saat ini, Giampiero Ventura, memberinya kesempatan menggantikan kiper legendaris Italia, Gianluigi Buffon, pada babak kedua. Donnarumma menjalani debut internasionalnya dalam usia 17 tahun 6 bulan. Gila!

Prestasi luar biasa yang dicapai kiper belia tersebut membuat beberapa klub besar mulai melirik dan (kalau bisa) menggoda supaya Donnarumma angkat kaki dari AC Milan. Namun, nampaknya kiper kelahiran 25 Februari 1999 itu tak tertarik untuk meninggalkan AC Milan yang telah berjasa dalam mendidik dan membesarkannya. Donnarumma pernah berujar bahwa impiannya adalah membawa AC Milan kembali berjaya di pentas Eropa dan suatu saat dapat menjadi kapten tim Il Diavolo Rosso.

Komitmen yang direspons positif oleh AC Milan yang berencana menawari Donnarumma kontrak baru. Seperti dilaporkan oleh Tuttosport, Donnarumma akan menandatangani kontrak baru per Februari 2017, saat usianya genap 18 tahun, dengan durasi 4 tahun. Artinya, minimal sampai 2022 Donnarumma akan tetap membela AC Milan, kecuali ada force majeur atau peristiwa luar biasa yang tidak dapat mencegah Donnarumma untuk meninggalkan klub saingan Internazionale tersebut.

Terkait rencana pemberian kontrak baru tersebut, pelatih AC Milan saat ini, Vicenzo Montella kepada Milan TV berkomentar, "Donnarumma memang pantas dihargai lebih baik. Anak muda sepertinya pantas mendapat penghargaan yang lebih besar."

Montella mungkin telah mendengar kalau kiper utamanya ini akan mendapat kenaikan gaji yang fantastis. Bagaimana tidak fantastis jika semula Donnarumma "hanya" mendapat gaji senilai 160 ribu Euro per musim, nantinya akan mendapat 3 juta Euro, atau meningkat hampir 1.900 persen! 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline