Lihat ke Halaman Asli

Mungkinkah Agama Menjadi Dasar Sistem Ekonomi Dalam Ilmu Pengetahuan?

Diperbarui: 23 September 2022   17:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Perlu diketahui bahwa sistem ekonomi saling berhubungan dengan agama. Karena itulah agama menjadi dasar sistem ekonomi dalam ilmu pengetahuan sangat mungkin.  

Karena selain itu, islam menyediakan berbagai perangkat aturan yang lengkap bagi kehidupan manusia termasuk dibidang ekonomi, dimana ekonomi dan agama ini bersatu padu dalam wewenang tata kekuasaan dalam aspek kehidupan manusia. 

Karena dengan adanya sistem ekonomi berbasis agama ini, dapat memungkinkan untuk dijadikan sebagai obsi pemberdayaan masyarakat yang dapat menggerakkan sentra ekonomi lokal di setiap pelosok negeri. 

Di Indonesia sendiri dimana mayoritas penduduk nya beragama Islam, menjadi kan agama sebagai dasar sistem ekonomi dalam ilmu pengetahuan. Beberapa universitas Indonesia sudah banyak yang menerapkan pembelajaran ekonomi syariah, dimana seperti yang telah kita ketahui bahwa ekonomi syariah itu sendiri menjadi kan agama sebagai dasar sistem ekonomi. Sebagai ekonomi yang menjadi kan agama sebagai landasan nya, sudah pasti penerapan nya berpedoman pada Alquran dan hadis. 

Nama penulis:

SAHRA DIVASARI

WIDIYA WICAKSONO




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline