MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA PADA PEMBELAJARAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASE LEARNING DENGAN MODEL GROUP INVESTIGATION PADA MATERI PENDAPATAN NASIONAL
Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)
Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran
Latar belakang masalah dari praktik pembelajaran ini adalah:
- Metode pembelajaran kurang menarik
- Metode yang digunakan guru masih konvensional. Guru belum menerapkan pembelajaran inovatif. Kondisi guru yang belum mengoptimalkan model pembelajaran inovatif berimbas pada peserta didik yang pasif dan tidak terbiasa berperan aktif. Mayoritas guru lebih terbiasa menggunakan model pembelajaran monoton yaitu ceramah sehingga pembelajaran yang tercipta tidak berpusat pada peserta didik. Peserta didik juga tidak terbiasa menggunakan teknologi dalam pembelajaran sehingga menganggap pembelajaran itu sebagai kegiatan yang monoton dengan mendengarkan guru berceramah.
- Rasa percaya diri siswa rendah
- Rasa percaya diri siswa dapat terlihat pada proses pembelajaran, dimana siswa kurang berani menyampaikan pendapat. Selain itu peserta didik belum bisa mengeluarkan kemampuan yang ada pada dirinya sehingga siswa mudah pasrah dengan kemampuannya. Hal ini mengakibatkan siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran.
- Siswa belum memahami isi materi
- Sebagian besar siswa yang kurang aktif diakibatkan dari meraka belum memahami isi materi sehingga siswa kurang paham dengan apa yang sedang dipelajari. Akibatnya siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran.
Dari identifikasi permasalah tersebut dipilih satu yang akan diselesaikan dalam pelaksanaan pembelajaran. Proses meningkatkan keaktifan peserta didik dalam pembelajaran yaitu dengan cara penerapan model pembelajaran Problem Base Learning dengan metode group investigation dan penggunaan quizizz dalam penilaian.
Penerapan model PBL dan metode pembelajaran group investigation dapat meningkatkan keaktifan siswa secara individu maupun kelompok dimana setiap siswa dalam kelompok memiliki tugas masing-masing. Selain itu penggunaan quizizz juga bisa membuat siswa bersemangat dalam mengerjakan soal-soal karena lebih menarik dibandingkan dengan mengerjakan soal secara manual. Manfaat dari praktik pembelajaran ini adalah:
Melalui peran masing-masing peserta didik dalam pembelajaran akan meningkatkan peran aktif peserta didik dalam pemecahan masalah
Pembelajaran berpusat pada siswa sehingga dapat mendorong kerjasama dan komunikasi yang efektif antar individu dalam kelompok.
Peran dan tanggung jawab guru dalam praktik ini adalah:
Mengidentifikasi permasalahan yang ada dalam kegiatan pembelajaran
Memilih satu permasalahan yang dicari solusinya