Lihat ke Halaman Asli

Widi Wahyuning Tyas

Menulis kadang sama menyenangkannya dengan nonton mukbang.

Mengenal 6 Kondisi Penyebab Pesawat Delay

Diperbarui: 8 November 2018   15:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

www.michiganradio.org

Bepergian menggunakan transportasi udara atau pesawat sepertinya merupakan pilihan yang tepat bagi kamu yang malas menempuh jarak jauh dengan waktu lama. Namun, bagai dua sisi mata koin, pesawat juga memiliki kekurangan seperti resiko kecelakaan dan berbagai penundaan jadwal penerbangan atau delay.

Dalam satu hari, pasti ada saja jadwal yang molor karena satu dan lain hal. Tentu akan sangat menjenuhkan jika harus menunggu kepastian jadwal terbang yang sejatinya sudah ditetapkan. Apalagi kalau harus berdedesak-desakkan di bandara dengan penumpang lain selama berjam-jam. Tak jarang beberapa jadwal yang mengikuti waktu perjalanan juga harus ikut-ikutan terbengkalai.

Meski sudah ada peraturan yang melindungi penumpang berkaitan dengan keterlambatan jadwal terbang, tetap saja berangkat dan sampai tepat waktu rasa-rasanya jauh lebih menyenangkan dan teratur.

Namun, delay sebenarnya pun terjadi bukan tanpa sebab. Selain faktor cuaca yang kurang baik, berikut 6 kondisi yang menyebabkan pesawat mengalami delay dirangkum dari CNNIndonesia.

1. Menunggu penumpang yang transit

Setiap maskapai tentu memiliki budaya profesional dan ingin memberikan yang terbaik bagi para penumpangnya. Salah satu yang sering dilakukan adalah menunggu penumpang yang belum datang, terutama penumpang yang transit. Mereka enggan meninggalkan penumpang hanya karena jadwal yang sudah mepet. Namun, tentu mereka menunggu sesuai waktu yang telah ditentukan.

2. Menunggu barang dari penumpang yang transit

Selain dari penumpang yang transit, sering kali masalah juga datang dari barang bawaannya. Penyebabnya pun tak selalu berasal dari pesawat yang akan berangkat, namun juga dari pesawat pertama yang membawa penumpang transit. Tentu saja petugas bandara sudah berusaha secepat mungkin untuk memindahkan barang-barang penumpang transit ke pesawat baru yang akan dinaiki, namun yang namanya kendala tetap bisa datang dari mana saja.

3. Menunggu kedatangan kargo

Kargo menjadi sebuah industri yang dampaknya sangat besar. Distribusi kargo tak pernah lepas dari alat transportasi seperti pesawat dan kapal yang akan mengantarkannya ke kota tujuan. Sayangnya, sering kali jadwal kedatangan kargo tidak sesuai dengan jadwal keberangkatan pesawat, sehingga mau tidak mau pesawat harus menunggunya.

4. Menunggu kargo diturunkan

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline