Lihat ke Halaman Asli

Widi Wahyuning Tyas

Menulis kadang sama menyenangkannya dengan nonton mukbang.

Hati-hati Jika Ingin Minum Teh Saat Perut Kosong

Diperbarui: 28 September 2018   16:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Siapa di sini yang suka ngeteh? Menikmati secangkir teh pada pagi hari setelah bangun tidur memang nikmat dan menyegarkan. Aromanya yang wangi dan hangat mampu membuat tubuh menjadi bugar dan cukup efektif untuk meningkatkan mood. Teh juga dikenal sebagai minuman yang kaya akan manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Kandungan antioksidannya menjadi amunisi ampuh dari teh untuk menghempaskan racun-racun dalam tubuh. Tapi, banyak yang belum tahu jika minum teh pada waktu yang salah dapat menyebabkan beberapa ganggang kesehatan. Terutama jika dikonsumsi saat perut masih kosong.

Dikutip dari CNNIndonesia, 6 gangguan kesehatan tersebut akan terjadi jika kamu mengkonsumsi teh dalam keadaan perut kosong :

1.Aktivitas metabolik terganggu

Teh yang dikonsumsi saat perut kosong akan menyebabkan terjadinya ketidakseimbangan zat asam basa di dalam perut. Hal ini akan membuat sistem metabolisme terganggu. Metabolisme berkaitan dengan proses pengolahan dan penguraian zat-zat yang masuk ke dalam tubuh. Masuknya teh ke dalam tubuh saat tidak adanya makanan dalam tubuh mengganggu aktivitas metabolik, namun bisa  saja menimbulkan bahaya lain.

2. Erosi gigi

Bakteri alami dalam mulut berpotensi merusak gula yang ada dalam secangkir teh hangatmu. Hal ini menyebabkan kadar asam dalam mulut meningkat. Akibatnya, enamel gigi bisa terkikis dan pada akhirnya akan menyebabkan erosi gigi.

3. Dehidrasi

Tahukah kamu kalau teh memiliki sifat deuretik yang mampu menghilangkan air dari tubuh? Selama tidur sebenarnya tubuhmu sudah mengalami dehidrasi sepanjang malam, sehingga sangat membutuhkan air putih. Langsung meminum teh saat perut dalam keadaan kosong hanya akan memperburuk kondisi tersebut. Parahnya lagi, kamu juga bis aterserang kram perut, lho!

4. Mengurangi penyerapan zat besi

Zat besi sangat baik untuk tubuh, terutama darah. Meminum teh saat perut kosong malah akan menurunkan kemampuan tubuh dalam menyerap zat besi secara alami. Kamu yang menderita Anemia lebih baik tidak mengkonsumsi teh saat perut kosong, ya!

5. Mual dan cemas

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline