Lihat ke Halaman Asli

Widi Wahyuning Tyas

Menulis kadang sama menyenangkannya dengan nonton mukbang.

Kenali Kekerasan Emosional dalam Hubungan Asmara

Diperbarui: 25 September 2018   15:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

mtmtv.info

Menjalin hubungan dengan seseorang ibarat menyatukan 2 kepala dengan karakter yang berbeda. Pasti ada konfliknya! Jika pasanganmu adalah orang yang dewasa dan bisa menyikapi setiap masalah dengan baik, konflik akan mudah terselesaikan. 

Namun lain halnya jika kebetulan kamu menjalin hubungan dengan orang yang temperamental. Pertengkaran yang terjadi tidak hanya secara verbal, namun bisa berujung hingga kekerasan fisik. Kekerasan dalam hubungan bisa mencakup aspek emosional yang terkait dengan kesehatan mental, lho! Jadi, sejatinya kekerasan tidak hanya secara fisik saja, namun juga terjadi dalam bentuk kekerasan emosional.

Kekerasan emosional dalam hubungan sering kali luput dalam perhatian karena wujudnya yang tak kasa mata. Seseorang yang menjadi korban kekerasan emosional umumnya tidak menyadari bahwa perlakuan dari pasangan terbilang kurang layak dan termasuk dalam kekerasan.

Dilansir dari CNNIndonesia, berikut 5 tanda kekerasan emosional terjadi dalam hubunganmu :

1. Tak ada dukungan

Sebuah hubungan bisa dikatakan ideal jika kedua belah pihak saling mendukung atas apa yang ingin dicapai. Pernahkah kamu membagi cerita kepada pasanganmu namun malah ejekan dan cemoohan yang kamu dapat? Jika iya, maka sudah bisa dipastikan kalau kamu telah mengalami kekerasan emosional. Mengolok dan menertawakan pandangan hidup seseorang bisa menimbulkan perasaan insecure yang menghambat perkembangan seseorang.

2. Kritik bertubi-tubi

Lumrah saja jika seseorang melontarkan kritik. Pada suatu kondisi, kritik malah dibutuhkan untuk memperbaiki suatu hal menjadi lebih baik lagi. Namun bagaimana jika kritik dilontarkan secara terus menerus? Misalnya saja, pasanganmu mengkritik gaya pakaianmu saat akan pergi berkencan, kemudian mengkritik sepatumu yang dianggap kurang match, dan ditambah lagi mengkritik tatanan rambutmu yang menurutnya kurang rapi. Pasangan yang kerap melakukan hal itu merupakan salah satu wujud tindakan kekerasan emosional. Kritik bertubi-tubu hanya akan menghancurkan kepercayaan dan harga dirimu.

3. Acuh tak acuh

Sering kali kita bercerita dan berkeluh kesah dengan pasangan saat situasi buruk menimpa kita, dengan harapan akan mendapatkan empati darinya. Namun, jika pasanganmu terkesan acuh dan tidak peduli, maka itu merupakan sikap yang janggal. Bersikap acuh saat pasangan tengah dilanda kesedihan menjadi  senjata ampuh untuk melancarkan aksi kekerasan emosional.

4. Ribut tiada henti

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline