Lihat ke Halaman Asli

Widhi S

Menulis adalah membagi dan meninggalkan ilmu menjadi bermanfaat

Jamu Presiden Jokowi Versi Lengkap

Diperbarui: 4 Maret 2022   20:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Presiden Indonesia Joko Widodo sudah banyak diketahui selalu minum jamu untuk menunjang kesibukan menjalankan tugas negara. Masyarakat juga dengan mudah mencoba membuat minuman segar yang selalu diminum oleh orang nomer satu di Indonesia  ini. Bahan yang digunakan juga relatif mudah di jumpai di sekitar kita. Presiden Jokowi menyampaikan bahwa bahannya cukup sederhana, yakni Temulawak, Jahe dan Kunyit. Ketiga bahan ini dibuat irisan kemudian di seduh dengan air panas dan siap di minum.


Melihat kebiasaan Presiden Jokowi inilah, Sidiq Raharjo, owner Merapi Farma Herbal ingin memberikan ramuan yang lebih lengkap dari yang sudah biasa Presiden Jokowi minum. Melalui Channel Youtubenya Sang Peracik Jamu, Sidiq mengungkapkan bahwa khusus jamu yang diminum Presiden Jokowi ini dibuatkan edisi khusus yang disebut episode "Dengan Cinta". Edisi khusus ini sengaja dibuat dan dipersembahkan untuk sejumlah tokoh dan artis, supaya masyarakat umum juga bisa menikmatinya.

Terkait dengan jamu yang diminum Presiden Jokowi, menurut Sidiq memiliki kelebihan dan kekurangan. Secara umum tiga bahan dari Temulawak, Jahe dan Kunyit memiliki khasiat tersendiri. Namun akan lebih baik jika di tambah dua bahan lagi, yakni Akar Alang-alang dan Adas. Dua bahan ini akan membuat citarasa jamu menjadi lebih enak dan manfaat yang didapatkan lebih banyak. Akar alang-alang dapat menjaga tekanan darah tinggi menjadi normal, sementara Adas membantu menjaga tenggorokan dengan rasanya yang melegakan.

Sidiq berharap dengan resep yang ditujukan kepada Presiden Jokowi ini, masyarakat luas yang melihat Channel Youtube Sang Peracik Jamu, dapat mencoba sendiri jamu yang biasa diminum presiden ini.

Sidiq Raharjo sendiri sangat konsisten menekuni dunia jamu dan tanaman yang berkhasiat obat, selama lebih dari 22 tahun. Dengan bendera Merapi Farma Herbal yang berlokasi di Hargobinangun Pakem Sleman ini, sudah ribuan konsumen yang berhasil sembuh dari penyakitnya dengan minum jamu godog racikannya. Selain jamu, terdapat juga sejumlah minuman dan olahan yang berbahan dasar empon-empon. Channel Youtube Sang Peracik Jamu menjadi pilihan Sidiq Raharjo untuk membagikan ilmu jamunya, sekaligus mengajak masyarakat untuk ikut mencintai kekayaan tanaman obat nusantara.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline