Lihat ke Halaman Asli

Widi Kurniawan

TERVERIFIKASI

Pegawai

Mereka yang Selalu Sigap Membantu Penumpang Disabilitas di KRL Commuter Line

Diperbarui: 15 Agustus 2023   10:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Petugas security di Stasiun Manggarai membantu penumpang disabilitas (foto by widikurniawan)

Malam itu orang-orang yang tengah pulang dari mencari nafkah terlihat berjalan menyusuri Terowongan Kendal di Dukuh Atas, Jakarta Pusat. Banyak di antaranya adalah para penumpang MRT Jakarta yang akan berpindah moda KRL Commuter Line di Stasiun Sudirman.

Tiba-tiba pandangan mata saya tertuju pada dua orang lelaki yang berjalan beberapa meter di depan saya. Seorang penyandang disabilitas netra tengah dipandu seorang petugas security menuju ke arah Stasiun Sudirman.

Menilik seragam dan arahnya, sepertinya security tersebut bertugas di area Stasiun MRT Jakarta. Ia rela memandu lelaki tersebut hingga halaman Stasiun KRL Sudirman.

Sebuah tindakan yang sebenarnya tak wajib ia lakukan, mengingat menuju stasiun KRL sudah di luar area kerjanya. Tetapi petugas itu tampak tulus melakukannya.

Hebatnya lagi, begitu sampai di area Stasiun Sudirman, petugas security lainnya di Stasiun Sudirman langsung menyambut lelaki tersebut dan bergantian memandu menuju gate elektronik. Selepas membantu tap kartu elektronik, juga sudah ada petugas lainnya yang akan mengantarkannya sampai dengan masuk ke dalam KRL dan mendapatkan tempat duduk.

Pemandangan seperti itu sebenarnya bukan hal asing lagi di moda transportasi KRL Commuter Line. Khususnya bagi yang setiap hari naik KRL. Setiap pagi di Stasiun Bojonggede, akan banyak ditemui para penyandang disabilitas netra yang hendak berangkat mencari nafkah bersama-sama.

Demikian pula saat transit di Stasiun Manggarai, banyak di antara mereka yang tiap hari selalu mendapat uluran tangan para petugas security yang sudah hafal dengan keberadaan mereka.

Dengan sabar dan hati-hati, para petugas security akan memandu mereka sampai dengan masuk KRL yang tiap jam sibuk memang selalu ramai dan crowded.

Petugas membantu penumpang disabilitas naik ke dalam KRL yang padat penumpang (foto by widikurniawan)

Para penumpang lain pun sejauh ini selalu menghormati mereka para penumpang penyandang disabilitas. Sepadat apapun kondisi KRL, ketika ada penyandang disabilitas yang dibantu oleh petugas security, mereka akan ikut membantu mencarikan tempat duduk.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline