Lihat ke Halaman Asli

Widi Kurniawan

TERVERIFIKASI

Pegawai

Check-in Hotel "Sat-set" Tanpa Drama

Diperbarui: 15 Juni 2023   14:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber gambar: Pexels.com/Mikhail Nilov

"Tadi saya ngecek di aplikasi harganya beda, lebih murah kok?"

Kalimat tersebut terlontar dari mulut seorang wanita paruh baya kepada resepsionis hotel. Saya yang berada di belakangnya hanya bisa menyaksikan sembari menunggu giliran saya untuk check-in.

"Silakan dicek lagi Bu di aplikasi, barangkali masih tersedia," ucap resepsionis dengan ramah.

"Habis Mbak, kalau saya pakai harga Mbak kan lebih mahal jatuhnya," ujar tamu tersebut.

Intinya tamu tersebut bermaksud memesan kamar di hotel tersebut untuk malam itu juga, tetapi keberatan dengan harga on the spot yang disebutkan resepsionis. Ia justru berdalih harga di aplikasi online travel agent (OTA) lebih murah, tetapi sudah tak tersedia lagi.

Saya menengok ke petugas resepsionis lainnya, juga tengah sibuk melayani tamu. Akhirnya saya pun tetap antre di belakang wanita tersebut walau rasanya badan sudah terlalu lelah dan ingin segera rebahan.

Memang pemesanan kamar hotel via online bisa lebih murah karena biasanya harga dipatok lebih kompetitif dan sebagai salah satu strategi pemasaran terkadang ada promo yang tersedia. Tapi tentu saja tiap penyedia jasa OTA seperti Tiket.com, Traveloka, Agoda, Booking dan lain sebagainya memiliki keterbatasan kuota penjualan, tergantung kerja sama dengan pihak hotel.

Sehingga jika memang di aplikasi tertera keterangan habis, ya memang demikian adanya. Adapun kemungkinan masih ada sisa kamar yang dijual langsung pihak hotel saat on the spot melalui resepsionis. Tentu saja harganya bisa berbeda dengan yang ditawarkan pihak OTA.

Kejadian seperti itu seharusnya bisa dihindari sejak dini. Jika kita memang berniat memesan kamar hotel, melakukan booking secara online sebenarnya sangat memudahkan sepanjang ketersediaan kamar masih ada. 

Jika memang dadakan dan terpaksa harus on the spot, tidak perlu juga membuat "drama" dengan membanding-bandingkan harga segala. Ingat, ketika kita datang ke resepsionis hotel dan terlalu banyak hal yang sebenarnya tidak perlu dilakukan, bisa jadi kita mengganggu kenyamanan dan kepentingan orang lain. 

Agar check-in tak muncul "drama"

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline