Lihat ke Halaman Asli

Widi Kurniawan

TERVERIFIKASI

Pegawai

Bahaya Nyata Truk Kelebihan Muatan

Diperbarui: 3 Maret 2022   16:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Muatan melorot, ban depan truk jadi terangkat (foto by widikurniawan)

Siang itu lalu lintas di sebuah ruas jalan di Kota Kendari tampak tersendat. Sebuah truk berwarna merah terlihat berhenti memakan separuh jalan. Uniknya, kedua roda bagian depan tampak terangkat ke atas, tidak menyentuh tanah sama sekali.

Rupanya muatan di bak truk berupa tiang-tiang besi panjang, melorot keluar dari bak truk pada saat melewati tanjakan kecil. 

Muatan berupa tiang-tiang besi tersebut sepertinya tidak diikat atau mendapatkan pengamanan yang baik. Akibatnya ketika melorot keluar bak, berat bebannya membuat truk tidak lagi seimbang dan justru sanggup mengangkat roda bagian depan truk.

Muatan berupa tiang besi melorot keluar bak truk (foto by widikurniawan)

Kejadian tersebut jelas sangat berbahaya. Untungnya saat itu tidak ada kendaraan yang berada di belakang truk tersebut. Bayangkan saja jika ada kendaraan di belakangnya. Bisa fatal akibatnya.

Ini murni akibat kelalaian pengangkutan barang yang tidak memperhatikan faktor keselamatan dan tidak memperhitungkan kapasitas muatan yang bisa diangkut.

Walau tiada korban, kecelakaan itu mengakibatkan jalanan menjadi macet dan tersendat. Para kru truk pun terlihat sibuk mengamankan muatannya.

Peristiwa tersebut memang terjadi bertahun-tahun lalu, saat saya masih bermukim di Kendari. Tetapi foto-fotonya masih tersimpan rapi di harddisk.

Kalau sudah begini bagaimana coba? (foto by widikurniawan)

Sejak kejadian tersebut, membuat saya selalu waspada ketika berkendara di belakang truk yang kelebihan muatan. Terutama truk yang penuh muatan besi panjang maupun kayu-kayu panjang yang menjorok keluar melebihi dimensi bak truk.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline