Lihat ke Halaman Asli

Halal is My Life

Diperbarui: 2 Oktober 2015   09:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

[caption caption="Acara Peresmian Pembukaan Indonesia Internasional Expo (INDHEX) 2015 (foto : dok. pribadi)"][/caption]

Halal is my life, motto baru yang sedang terus digaungkan oleh Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika (LPPOM MUI), sebuah lembaga yang memberikan jasa sertifikasi halal untuk produk-produk yang beredar di Indonesia. Untuk menjadikan halal sebagai bagian dari gaya hidup masyarakat bukan hanya di Indonesia tetapi juga di dunia Internasional perlu adanya kesadaran dari diri kita sendiri. Mulai dari cara mendapatkan sampai dengan prosesnya semua harus halal.

Indonesia sebagai negara yang sebagian besar penduduknya beragama islam, maka permintaan akan produk halal tentu saja semakin meningkat, dan bukan hanya bagi masyarakat muslim saja karena sekarang ini masyarakat non-muslim juga menggemari produk halal karena makanan yang halal diyakini memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan. Bukan hanya produk makanan saja, untuk kosmetik juga sudah mulai banyak produsen yang mengeluarkan produk halal.

LPPOM  MUI mengadakan acara Indonesia Internasional Halal Expo (INDHEX 2015) di JI Expp Kemayoran mulai 30 September s/d 3 Oktober 2015, dan pembukaannya kemarin dihadiri oleh tamu undangan dari perusahaan- perusahaan yang sudah memiliki sertifikat halal dari LPPOM MUI serta perwakilan dari beberapa negara yang mengekspor produknya ke Indonesia, dan juga dari lembaga-lembaga sertifikasi halal luar negeri yang diakui oleh MUI. Dihadiri juga oleh ketua Umum MUI Dr. (HC) KH Ma'ruf Amin, Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama Prof Dr. H.M. Machasin, MA, Kepala KKS Bidang Kesehatan BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi) Drs. Mulyanto, MM. Direktur LPPOM MUI Dr. Ir. Lukmanul Hakin, M.Si yang memberikan sambutan pada acara pembukaan ini mengungkapkan "peningkatan permintaan produk halal antara lain disebabkan jumlah penduduk muslim yang saat ini mencapai 2 milyar atau 23% dari seluruh penduduk dunia dan perubahan pola konsumsi, gaya hidup yang semakin higienis sehingga mendorong produk halal menjadi tren dan semakin dicari".

Event INDHEX ini telah menjadi program rutin dari LPPOM MUI yang diadakan setiap tahunnya sejak tahun 2010 dan tahun ini merupakan tahun kelima. Acara ini berisikan rangkaian kegiatan pameran produk halal (EXPO), seminar internasional (Global Forum), symposium, Training for Halal Certificate Body dan Halal Assurance System Training untuk perusahaan internasional, silaturahmi dengan perusahaan bersertifikat halal, dan Halal Award. Tujuan diadakan INDHEX adalah untuk memberikan  sarana/ media promosi produk-produk halal Indonesia bagi masyarakat nasional dan juga internasional.

Halal Award adalah suatu program pemberian penghargaan kepada perusahaan, lembaga, instansi pemerintah, komunitas masyarakat hingga perorangan, yang dinilai berjasa dalam pengembangan, edukasi, informasi dan sosialisasi tentang halal. Berikut ini adalah daftar penerima Halal Award 2015 untuk Kategori Halal Top Brand:

1. Kelompok industri restoran : Kentucky Fried Chicken (KFC)

2. Kelompok Makanan Instan : Indomie

3. Kelompok Biskuit : Regal

4. Kelompok Minuman ringan : Coca-cola

5. Kelompok Kosmetika : Sariayu Martha Tilaar

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline