Lihat ke Halaman Asli

Widi Bagaskara

S1 Matematika Universitas Airlangga

Fitu Baru Google Meet

Diperbarui: 5 Oktober 2020   21:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Aplikasi video conference melonjak sejak pandemi Covid-19, menjadikan pilihan masyarakat untuk menggantikan pertemuan tatap muka langsung termasuk untuk sekolah dan kerja. Memperkuat daya saing dengan Zoom Cloud Meetings, Google meet dipastikan akan menambah fitur baru. Kehadiran fitur baru ini, akan menunjang pengalaman video conference. Fitur tersebut hanya tersedia untuk pengguna G Suite Essentials, G Suite Business, G Suite Enterprise dan G Suite Enterprise for Education.

Dikutip dari Phone Arena, Minggu (4/10/2020), fitur baru yang akan diperkenalkan di Google Meet, yakni fitur Polling dan QnA. Dua fitur ini akan diluncurkan untuk para pengguna Google Meet pekan depan.

Sebelumnya, fitur yang baru saja diperkenalkan Goole Meet untuk pengguna Android dan iOS, yakni noise cancellation. Dikutip dari Endgadget, Selasa (29/9/2020), fitur ini memungkinkan untuk meredam suara bising di sekitar pengguna, tapi bukan suara manusia. Jadi, contohnya fitur ini dapat menghilangkan suara pintu, namun suara orang di sekitar pengguna tidak dapat diredam.

Fitur polling bisa dimanfaatkan juga untuk pertemuan informal melalui Google Meet. Fitur ini dapat digunakan pengguna untuk mengadakan polling saat pertemuan berlangsung. Nantinya, para peserta Google Meet juga dapat memberikan jawaban secara langsung.

Fitur QnA umumnya digunakan saat acara seminar. Fitur ini dapat digunakan untuk mengajukan pertanyaan tanpa mengganggu jalannya pertemuan tatap muka di Google Meet.

Kehadiran fitur baru ini, dapat dikatakan cara Google Meet untuk tetap dapat bersaing dengan layanan yang serupa. Baru-baru ini, di versi desktop ada juga penambahan fitur baru, seperti low-light mode dan background blur.

(Penulis : Widi Bagaskara -- Penerima Beasiswa Sarjana Muamalat)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline