Lihat ke Halaman Asli

KKN 54 Igirklanceng

UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto

Tingkatkan Kesadaran Bermedia Sosial Yang Sehat, KKN Kolaborasi UIN SAIZU Gelar Sosialisasi di SMPN 03 Satu Atap Sirampog

Diperbarui: 10 Agustus 2024   00:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Media KKN 54 Kelompok 153

Igirklanceng, 7 Agustus 2024 -- Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kolaborasi 54, kelompok 153, yang terdiri dari tiga universitas yaitu UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, dan UIN Sunan Gunung Djati Bandung, mengadakan sosialisasi Bijak Media Sosial, dengan tema "From Scroll to Goal: Bijak Menggunakan Media Sosial Untuk Capai Mimpi" di SMP N 03 Satu Atap Sirampog, yang dihadiri oleh peserta didik  kelas 7, 8, dan 9.

Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada peserta didik tentang pentingnya memanfaatkan media sosial secara bijak dalam mencapai tujuan dan impian mereka. Kementrian Komunikasi dan Informatika (KEMENKOMINFO) dalam datanya menyatakan bahwa jumlah pengguna internet di Indonesia mencapai 63 juta orang, yang mana 95% diantaranya menggunakan jejaring sosial, dan 71% dari pengguna tersebut adalah remaja dan anak-anak. Berdasarkan data tersebut, maka penting bagi generasi muda untuk memahami bagaimana menggunakan media sosial sebagai alat yang dapat memberikan dampak positif untuk mencapai mimpi mereka.

"Melalui sosialisasi ini, kami ingin peserta didik SMP N 03 Satu Atap Sirampog memahami bahwa media sosial bukan hanya sekadar hiburan. Dengan pemanfaatan yang tepat, mereka bisa meraih mimpi dan tujuan akademis mereka", ungkap Aldy selaku Koordinator Desa mahasiswa KKN.

Para mahasiswa memulai sosialisasi dengan menjelaskan definisi media sosial, yaitu platform digital yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi, berbagi informasi, dan membentuk komunitas secara online. Selanjutnya, diuraikan terkait dengan manfaat menggunakan media sosial yang mencakup kemudahan dalam mengakses informasi, memperluas jaringan sosial, serta sebagai sarana untuk belajar dan mengembangkan diri.

Media KKN 54 Kelompok 153

Para mahasiswa juga memberikan panduan tentang cara bijak menggunakan media sosial. Mereka menekankan pentingnya berpikir kritis sebelum membagikan informasi, menjaga privasi akun, serta mengelola waktu penggunaan media sosial dengan bijaksana. Selain itu, dipraktikan pula terkait dengan menggunakan media sosial untuk mendukung tujuan akademis. Mahasiswa mendorong peserta didik untuk mengikuti akun-akun inspiratif yang menyajikan konten positif, mengikuti komunitas yang sesuai dengan minat dan bakat, serta menggunakan platfrom yang tepat.

Kegiatan ini mendapatkan sambutan positif dari para peserta didik. Banyak di antara mereka merasa terinspirasi dan berkomitmen untuk lebih bijak dalam menggunakan media sosial ke depannya.

Dari pihak sekolah, guru dan staff SMP N 03 Satu Atap Sirampog sangat menyambut baik sosialisasi yang diadakan oleh mahasiswa KKN. Mereka berharap kegiatan ini dapat memberikan dampak positif bagi peserta didik dalam memanfaatkan teknologi informasi.

Kegiatan sosialisasi ini bukan hanya menjadi ajang edukasi, tetapi juga momentum penting bagi para peserta didik untuk mulai melihat media sosial dari perspektif yang lebih luas. Di tengah maraknya penggunaan internet, mereka diajak untuk menjadi pengguna yang cerdas dan bertanggung jawab. 

Mahasiswa KKN Kolaborasi 54 berharap bahwa ilmu yang telah disampaikan dapat menjadi bekal bagi para peserta didik dalam menghadapi tantangan di era digital ini, serta mampu menginspirasi mereka untuk terus belajar dan berkembang melalui media sosial. Semoga ke depannya, lebih banyak kegiatan serupa yang dapat memberikan manfaat nyata bagi generasi muda Indonesia.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline