Lihat ke Halaman Asli

Widiastuti

Guru TK

Pengenalan Angka 1-10 dengan Kartu Angka Bergambar

Diperbarui: 1 Desember 2023   13:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kartu angka bergambar dok.pribadi

Konsep pra matematika yang dipelajari di TK antara lain mengenalkan konsep bilangan, beberapa pola, perhitungan, pengukuran, geometri, pemecahan masalah, dan strategi permainan (Sujiono, 2009: 187). Mengenalkan konsep bilangan sangat penting yaitu sebagai dasar pemahaman anak dalam berhitung. Menurut standar STPPA anak usia 4 – 5 tahun dapat  mengenal angka 1 – 10. Berdasarkan pengalaman penulis, pengenalan simbol angka di TK N Pembina Boyolali ditemukan beberapa anak masih bingung dan terbolak balik dalam menyebutkan simbol angka terutama angka 6 dan 9.

Untuk meningkatkan kemampuan mengenal simbol angka 1 – 10 dapat menggunakan media Kartu Angka Bergambar. Kartu angka bergambar adalah kartu yang berisi lambang bilangan disertai dengan gambar yang jumlahnya sesuai dengan lambang bilangan yang tertulis pada kartu tersebut. Kartu angka bergambar dapat dimodifikasi menjadi model wipe and clean. Sehingga anak dapat meniru simbol angka secara langsung pada kartu dan dapat  digunakan berulang – ulang dengan cara menghapusnya.

Kartu angka bergambar memiliki kelebihan sebagai berikut:

  • Meningkatkan kognitif anak dalam mengenalkan angka 1 - 10.
  • Meningkatkan minat belajar anak dalam mengenal konsep bilangan.
  • Anak dapat memiliki pengalaman secara langsung dalam mengenal angka.
  • Media yang mudah dibawa dan dapat dipakai semua kalangan umur.

Namun kartu angka bergambar juga mempunyai beberapa kekurangan antara lain:

  • Kartu angka bergambar harus dirancang sedemikian rupa sehingga tidak membuat anak bosan.
  • Sulit menampilkan gerak dalam media gambar.
  • Ada gambar yang terlalu komplek (beragam) bisa membuat kurang efektifnya ketika kegiatan pembelajaran.
  • Terdapat ukuran gambar yang terlalu kecil dan bisa mengakibatkan kurang efektif untuk proses pengajaran.
  • Langkah-langkah penggunaan media kartu angka membingungkan anak (Arief Sadiman (2019:21)

Beberapa kekurangan tersebut dapat ditanggulangi penulis dengan cara membuat kartu angka bergambar dengan gambar yang familiar bagi anak, menyamakan persepsi guru dengan murid mengenai apa saja yang tercantum dalam kartu angka bergambar, guru menjelaskan cara membaca dan memakai kartu angka bergambar tersebut.

Penulis memodifikasi Kartu Angka Bergambar berbentuk wipe and clean. Cara menggunakan kartu tersebut yaitu:

  • Anak meniru angka sesuai garis yang tertera pada simbol angka di kartu.
  • Anak menempel bulatan plastisin pada gambar buah dengan warna sesuai simbol angka yang tertera di kartu.
  • Anak menghitung jumlah buah pada kartu tersebut.

Melalui kartu angka bergambar tersebut, anak dapat mempelajari simbol angka, melatih motorik halus anak dengan menarik garis dan membuat bualatan plastisin, mengenal warna, serta membilang angka 1 – 10.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline