Lihat ke Halaman Asli

Manajemen Pemasaran

Diperbarui: 9 Januari 2022   15:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pengertian Manajemen Pemasaran

Manajemen pemasaran adalah suatu proses merencanakan, menganalisis, mengawasi, mengendalikan, dan melaksanakan kegiatan pemasaran dalam suatu organisasi atau perusahaan agar target dan tujuan dapat tercapai dengan lebih efektif dan efisien.

Tugas Manajemen Pemasaran

  1. Mengembangkan strategi pemasaran
  2. Menciptakan merk yang kuat
  3. Menciptakan pertumbuhan untuk jangka Panjang
  4. Membangun hubungan yang baik dengan konsumen
  5. Membangun komunikasi dan menghantarkan nilai

Konsep Pemasaran

  • Permintaan, Kebutuhan dan Keinginan konsumen
  • Produk (barang, jasa, ide atau gagasan) merupakan sesuatu yang dapat ditawarkan kepada konsumen untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan mereka.
  • Pertukaran dan Transaksi
  • Hubungan dan Jaringan
  • Pasar
  • Pemasar dan Calon pembeli

Bauran Pemasaran 

Menurut Kotler bauran pemasaran yaitu seperangkat alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk mencapai tujuan pemasaran di dalam pasar sasaran.

Terdapat empat unsur bauran pemasaran yang dipopulerkan oleh Mc Carthy (Kotler) yang dikenal dengan empat P, yaitu:

  1. Product (produk) Yaitu merupakan suatu barang, jasa, atau gagasan yang ditawarkan perusahaan atau organisasi kepada masyarakat atau pasar sasaran. Seperti : berbagai macam produk, kualitas, desain, nama merk, garansi, pelayanan, dll.
  2. Price (harga) Merupakan jumlah uang yang harus dikeluarkan dan dibayarkan oleh konsumen untuk mendapatkan suatu produk yang dipasarkan oleh suatu perusahaan. Price mencakup daftar harga, diskon, potongan harga, periode pembayaran, syarat kredit, dll.
  3. Promotion (promosi) Merupakan sebuah aktivitas menawarkan, menyampaikan manfaat serta kelebihan suatu produk untuk menarik hati konsumen agar membeli produk yang ditawarkan. Seperti : periklanan, promosi penjualan, face to face, dll.
  4. Place (tempat atau lokasi) Merupakan tempat atau lokasi untuk melakukan semua kegiatan yang terjadi di dalam perusahaan mulai dari tempat untuk membuat suatu produk hingga memasarkan produk yang duihasilkan oleh perusahaan atau organisasi terseut. Place mencakup: pesediaan, lokasi, pengelompokan, cakupan pemasaran, dll.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline