Lihat ke Halaman Asli

Nilai Pancasila dalam Berbangsa dan Bernegara

Diperbarui: 16 Februari 2021   21:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Nilai Pancasila dalam berbangsa dan bernegara

Pancasila merupakan ideologi dasar bagi negara Indonesia dan untuk menjadi warga negara yang baik di Indonesia harus sesuai dengan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. Hal inilah yang mendasari betapa pentingnya Pancasila sebagai acuan ataupun pedoman tentang bagaimana berperilaku menjadi warga negara yang baik di Indonesia. Nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila akan mengajarkan cara berfikir dan bertindak yang sesuai dengan ideologi negara.


Sila pertama adalah sila yang berkaitan dengan sikap kita sebagai umat pada Tuhan nya.sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing. Warga negara Indonesia harus memahami akan pentingnya agama sebagai pondasi awal sikap warga terhadap tuhan Yang maha esa dan dari hal itu akan memunculkan sikap toleransi antar umat beragama dan saling hormat menghormati antara satu agama dengan agama yang lain.


Sila ke- dua berhubungan terhadap perilaku kita sebagai manusia yang pada hakikatnya semua sama di Dunia ini setiap warga negara Indonesia harus memperhatikan akan pentingnya sikap kemanusiaan antar warga negara.


Sila ke-tiga adalah Setiap warga negara Indonesia harus berupaya sesuai kemampuan mereka untuk membangun negeri ini menjadi negeri yang makmur dan sejahtera.


Pada sila ke-empat berkaitan dengan perilaku kita untuk selalu bermusyawarah dalam menyelesaikan masalah. Mengutamakan musyawarah dalam mengambil keputusan untuk kepentingan bersama

Sila ke-lima adalah perilaku kita dalam bersikap adil terhadap semua orang.


untuk menciptakan sebuah bangsa yang kuat dalam berbagai bidang. Maka warga negaranya yang harus bergerak, harus berusaha, harus memiliki rasa nasionalisme yang tinggi terhadap bangsanya sendiri. Tidak dengan mudahnya mencintai budaya bangsa lain dibandingkan bangsa sendiri. Maka dari itu sebagai pemuda pemudi bangsa harus memiliki sikap luhur dalam berbagai hal, khususnya dalam berkontribusi di dalam lingkup masyarakat. Agar kedepannya menjadi seorang pemikir yang mampu menjalankan dan menerapkan poin utama yang ada didalam tubuh Pancasila sebagai ideologi bangsa Indonesia.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline