Salah satu tahapan guru Bimbingan Konseling di sekolah adalah melaksanakan kegiatan evaluasi. Tahapan evaluasi merupakan rangkaian tahapan keprofesionalan guru BK selain merencanakan kegiatan, melaksanakan kegiatan, menganalisa, serta melaksanakan tindak lanjut.
Evaluasi merupakan bagian sangat penting untuk mendapatkan gambaran sejauh mana sebuah layanan terukur ketercapaiannya. Dari evaluasi ini juga dapat diketahui sejauh mana capaian dari tujuan yang telah ditetapkan dalam tahapan perencanaan dan seperti apakah gambaran pelaksanaannya.
Dari evaluasi dapat terpotret gambaran riil tentang kondisi nyata suatu layanan ditinjau dari parameter perencanaan yang telah disusun sebelumnya dan realitas pelaksanaan yang ada.
Salah satu tahapan guru bimbingan konseling di sekolah harus mampu menyajikan kegiatan evaluasi atau penilaian suatu layanan yang diberikan. Bagaimana efektifitasnya, bagaimana impak yang ditimbulkannya, dan seperti apakah jalannya proses layanan yang dikerjakannya.
Hanya saja dalam tahapan evaluasi ini kadang beberapa guru BK sering mengalami kebingungan bagaimana sistem evaluasi layanan kegiatan bimbingan konseling dilakukan, dan aspek-aspek apa saja yang harus diungkap dalam mengevaluasi layanan bimbingan konseling di sekolah.
Dari berbagai literatur yang ada, tentang evaluasi pada layanan bimbingan konseling, secara umum dapat dibedakan menjadi dua jenis evaluasi. Yakni evaluasi proses, dan evaluasi hasil dari kegiatan layanan bimbingan konseling yang dilakukan.
Evaluasi proses, pada hakekatnya adalah serangkaian kegiatan untuk memberikan penilaian terhadap jalannya proses layanan bimbingan konseling yang dilaksanakan atau dikerjakan.
Detail evaluasi proses dapat meliputi aspaek-aspek, bagaimana kesesuaian antara program atau rencana dengan pelaksanaan yang ada, bagaimana keterlaksanaan dari program kegiatan yang disusunnya, respon atau sikap perilaku yang muncul selama kegiatan bimbingan konseling berlangsung, hambatan-hambatan yang muncul sepanjang pelaksanaan kegiatan bimbingan, serta gambaran utuh tentang proses yang terjadi selama kegiatan bimbingan konseling dilaksanakan.
Sedangkan evaluasi hasil, adalah kegiatan bimbingan konseling yang dilakukan dalam rangka melihat atau memberikan parameter hasil, atau dampak, atau akibat yang ditimbulkan dari proses layanan bimbingan konseling di sekolah.
Evaluasi hasil layanan bimbingan konseling ini harus matching dengan tujuan layanan yang telah ditetapkan dalam perencanaan kegiatan bimbingan konseling pada tahap sebelumnya.
Atau dengan kata lain, evaluasi hasil merupakan langkah tahapan untuk mengukur sejauh mana tujuan dari layanan bimbingan konseling yang dilaksanakan itu mencapai ukuran atau standar ketercapaian sesuai dengan harapan yang ditetapkan dalam tujuan layanan.