Lihat ke Halaman Asli

Sikap Seorang Remaja dalam Menghadapi Suatu Pengaruh Baru dari Lingkungan Pergaulan

Diperbarui: 5 Juni 2024   17:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Pada dasarnya, sikap seorang remaja menerima pengaruh yang baru dikenalnya merupakan hal yang wajar. Karena hal tersebut merupakan pembelajaran dan adaptasi bagi remaja tersebut dalam memasuki suatu lingkungan pergaulan yang baru. Sebagai seorang anak yang sedang beranjak dewasa, penting bagi mereka untuk mempelajari hal baru. Namun penting pula bagi para remaja untuk membedakan hal yang bernilai positif  maupun negatif. Pengaruh baru yang diterima harus di pilih dan juga diseleksi dengan baik terlebih dahulu. Perlu adanya bimbingan dari orang dewasa apabila remaja memiliki keterbatasan dalam kemampuan beradaptasi. Sebagai remaja dapat belajar banyak hal baru dari lingkungan pergaulan. 

Tentunya dalam hal ini remaja harus mempunyai sikap terbuka. Artinya generasi muda bisa berpikiran terbuka dan dapat beradaptasi dengan baik. Dalam pergaulan, perbedaan kebiasaan dan cara berpikir menjadi nyata, yang biasanya membawa pengaruh bagi remaja. Tentunya agar dapat diterima oleh masyarakat, remaja harus menerima adat istiadat atau kebiasaan dan pengaruhnya. Namun sikap terbuka tersebut tentunya harus disertai dengan kesadaran dan tanggung jawab dari generasi muda itu sendiri. Saat menerima pengaruh baru, generasi muda harus mengevaluasi apakah hal tersebut bertentangan dengan kebiasaan mereka saat ini atau apakah kebiasaan tersebut berdampak negatif pada diri mereka sendiri. 

Apabila kebiasaan tersebut nyatanya akan membawa pengaruh buruk, remaja tersebut wajib menghindari dan menolak dengan tegas atau dengan meninggalkan pergaulan tersebut. Dengan meninggalkan suatu pergaulan yang membawa pengaruh buruk bukan berarti remaja tersebut tidak akan memiliki teman. Dengan beradaptasi yang lebih baik di lingkungan sekitar, remaja tersebut pasti akan dapat menemukan suatu lingkungan pergaulan yang membawa pengaruh baik dan menerima kebiasaan remaja tersebut apa adanya. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline