Lihat ke Halaman Asli

Wawasan Kebangsaan dan Nilai-Nilai Bela Negara, Analisis Isu Kontemporer dan Kesiapsiagaan Bela Negara

Diperbarui: 26 Juni 2024   12:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi pribadi

Modul 1 Wawasan Kebangsaan dan Nilai-Nilai Bela Negara

  • Identitas Buku : Ditulis dan diterbitkan oleh Lembaga Administrasi Negara (LAN). Berjumlah 62 Halaman.

  • Kepengarangan :  Lembaga Administrasi Negara (LAN).

Ikhtisar 

Merupakan bahan ajar pelatihan dasar CPNS yang disusun untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan peserta pelatihan terhadap wawasan kebangsaan, kesadaran bela Negara dan Sistem Administrasi NKRI. Melalui modul ini, peserta latihan diharapkan dapat mampu memantapkan wawasan kebangsaan, menumbuhkembangkan kesadaran bela Negara dan mengimplementasikan Sistem Administrasi NKRI. 

Kelebihan dan Kekurangan 

Kelebihan dari Modul 1 menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh pembaca. Susunan materi ditulis dengan sistematis sehingga pembaca dapat dengan mudah mencari materi yang diinginkan (dimulai dengan ringkasan umum dan diakhir bab ada rangkuman). Sementara itu, kekurangan dari modul 1 adalah tidak ada identitas buku di awal modul.

Kesimpulan

Modul 1 dapat membekali peserta pelatihan dasar CPNS dengan materi wawasan kebangsaaan, kesadaran bela negara dan sistem administrasi NKRI yang komprehensif.  Modul diawali dengan sejarah pergerakan bangsa indonesia yang menunjukkan Kebangsaan Indonesia terbangun dari serangkaian proses panjang yang didasarkan pada kesepakatan dan pengakuan terhadap keberagaman dan bukan keseragaman serta mencapai puncaknya pada tanggal 17 Agustus 1945. Hal ini juga menunjukkan para pemimpin bangsa mengutamakan kepentingan bersama di atas kepentingan kelompok atau golongan. Setelah itu, modul memberikan pemaparan materi wawasan kebangsaan yang komprehensif dari pengertian; konsensus dasar berbangsa dan bernegara yaitu Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI; dan jatidiri atau identitas NKRI yaitu Bendera Negara Sang Merah Putih, Bahasa Indonesia, Lambang Negara Garuda Pancasila, dan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya.

Pada bab selanjutnya modul membahas mengenai nilai-nilai bela negara. Sama seperti pada bab wawasan kebangsaan, pada bab ini juga dimulai dengan sejarah bela negara yaitu peristiwa Agresi Militer Belanda II. Dari pemaparan peristiwa sejarah, dipaparkan konsep ancaman dan dan kewaspadaan dini yang memperlihatkan bahwa bangsa indonesia tidak luput dari potensi ancaman sehingga dibutuhkan kewaspadaan dini untuk mencegahnya menjadi ancaman dengan sikap dan perilaku yang didasarkan pada nilai-nilai bela Negara yaitu cinta tanah air, sadar berbangsa dan bernegara, setia pada Pancasila sebagai ideologi negara, rela berkorban untuk bangsa dan negara, dan kemampuan awal Bela Negara. 

Kemudian, bab selanjutnya membahas tentang Sistem administrasi NKRI yang terbentuk dari sejarah panjang dan mengalami perubahan seiring dengan perkembangan bangsa dan negara Indonesia. Dalam sistem administrasi NKRI terdapat nilai-nilai persatuan, kesatuan dan nasionalisme yang berlandaskan Pancasila sebagai landasan idiil dan UUD 1945 sebagai landasan konstitusional Sistem Administrasi NKRI. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline