Lihat ke Halaman Asli

Sejarah Objek Wisata Guci

Diperbarui: 7 April 2024   09:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. pribadi

       Obyek Wisata Guci yang terletak berada di kota Tegal, Jawa Tengah mempunyai banyak cerita dan wahana permainan yang wajib dikunjungi , salah satunya Wisata Guci terkenal dengan pemandian air panasnya. Kolam renang di pemandian air panas yang berasal dari sumber air Gunung Slamet. Banyak masyarakat berkunjung karena air pemandiannya dipercaya dapat menyehatkan badan dan bagi yang sedang dalam kondisi terapi. 

     Selain itu, ada beberapa terdapat sungai - sungai kecil disekitar Wisata Guci bagi pengunjung yang ingin bersantai dengan air yang sejuk. Pengunjung yang berdatang ke Wisata Guci terdapat dari berbagai daerah, ada juga beberapa warga lokal yang memang dekat dengan lokasi Wisata Guci hanya untuk sekedar menikmati pemandangan alam ataupun ingin bersantai sambil berenang. 

Dok. pribadi

     Selain wahana permainan dan kolam berenang pemandian air panas, di Wisata Guci juga terdapat 7 macam air terjun dan itu termasuk sumber mata air yang mengalir langsung dari Gunung Slamet. Dari 7 macam sumber mata air terjun ini kebanyakan warga lokal mempercayainya sebagai sumber air pengobatan untuk warga  yang benar - benar percaya pada pengobatan tradisional. Setiap dari 7 macam air terjun tersebut terdapat simbol patung yang dipercaya warga lokal sebagai makna penjagaan wilayah dari setiap air terjun tersebut, salah satunya patung kurcaci dan patung naga. 

     

Dok. pribadi

          Wisata Guci juga memiliki pemandangan yang indah seperti banyaknya budidaya tanaman buah stroberi dan sayur - sayuran karena memang wilayahnya terdapat di dataran tinggi. Dan jika ingin menetap untuk beberapa hari wilayah sekitar Wisata Guci juga terdapat banyak penginapan hotel dan villa untuk pengunjung yang berasal dari berbagai daerah. 

          Sejarah Wisata Guci merujuk kepada sebuah guci pemberian Sunan Gunung Jati dan diisi dengan doanya untuk meringankan wabah dan bencana yang menimpa masyarakat pada saat itu. Obyek Wisata Guci yang menawarkan air panas dari kaki Gunung Slamet ini memang menjadi andalan pemerintah Kabupaten Tegal untuk menarik Wisatawan dari berbagai daerah. Menurut sejarah, nama Guci berasal dari zaman Walisongo untuk menyebarkan Agama Islam di Jawa Tengah bagian Barat, khususnya di sekitar Tegal diutuslah seorang Wali. 

         Pada tahun 1974, pemandian air panas ini dibuka untuk umum dalam ruangan yang masih alami dan belum diubah sampai sekarang. Wisatawan masih mandi dibawah mata air panas yang konon dimiliki oleh para wanita Nyai Roro Kidul, yang bertugas menguasai disebelah Utara Gunung Slamet atau lebih dikenal Kali Gung. Dinamakan Kali Gung ini karena bersinggungan dengan sumber besar yaitu aliran mata air panas yang melimpah sepanjang tahun. Dayang Nyai Roro Kidul bernama Nyai Rantensari yang berwujud Naga, maka dipancuran 13 tersebut dibuat patung Naga menyerupai kekuatan mistis yang bertahta di kawasan Objek Wisata Guci. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline