Lihat ke Halaman Asli

Pesan Kepala MTsN 1 Bantul dalam Acara Literasi Kitab Taklim Al Muta'alim

Diperbarui: 6 Agustus 2024   11:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Bantul (MTsN 1 Bantul) -- Kepala MTs Negeri 1 Bantul, Sugiyono, S.Pd. memberikan sambutan dalam kegiatan Literasi Kitab Taklim Al Muta'alim di Musola Darul Ilmi madrasah setempat pada Senin (5/8/24). Kegiatan tersebut dihadiri oleh siswa kelas 7, 8, 9, guru, dan pegawai MTsN 1 Bantul.  

Dalam kegiatan literasi kitab taklim al muta'alim tersebut membahas tentang etika belajar yang mengedepankan akhlak. Kitab ini membahas tujuan, prinsip, dan strategi belajar berdasarkan pada moral relijius. 

Kaitannya dengan hal tersebut dalam sambutannya Sugiyono menyampaikan dua hal terkait akhlak pelajar di madrasah. Dua hal tersebut adalah tentang kecerdasan yang harus dimiliki oleh para siswa dan berakhlak mulia. Yang kedua adalah tentang Aksi pungut sampah (Si Pus).

dokpri

Sugiyono mengatakan bahwa para siswa tidak hanya dituntut cerdas tetapi juga menjadi manusia yang beriman dan berakhlak mulia. Siswa yang cerdas memang sangat dibutuhkan, tetapi siswa yang berakhlak mulia jauh lebih kita harapkan. Akan lebih baik lagi jika kita dapat menghasilkan siswa yang cerdas dan juga berakhlak mulia.

"Selanjutnya untuk mewujudkan sekolah adiwiyata, salah satunya adalah tentang kebersihan. Kita harus menjaga kebersihan di lingkungan kita. Program madrasah adalah Si Pus, yaitu aksi pungut sampah. Di manapun kalian melihat sampah di lingkungan madrasah kita, silahkan diambil dan dimasukkan ke kantong sampah yang selalu kalian bawa.  

Kalian harus menjadi penggerak dalam membangun kesadaran akan pentingnya kebersihan di lingkungan madrasah agar tetap bersih dan sehat. Sekolah adiwiyata bertujuan menyadarkan warga sekolahakan lingkungan sehingga dapat turut bertanggungjawab dalam penyelamatan lingkungan" lanjut Sugiyono. (nrr)  




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline