Lihat ke Halaman Asli

Rencana Proyek Bisnis Wisster Super Lobster Air Tawar

Diperbarui: 15 Desember 2016   23:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Saya sebagai seorang pemuda yang memiliki antusias dibidang ekonomi khususnya bisnis, harus bisa melihat dan sadar terhadap apapun peluang yang ada. Terlebih dengan rasa kewajiban untuk berkontribusi kepada negara melalui bidang ini. Ada beberapa kondisi yang saya lihat bisa dijadikan suatu peluang usaha yang dapat dikatakan cukup menjanjikan dan membantu ketahanan pangan negara kita. Komoditas lobster air tawar sebagai salah satu produk yang digemari masyarakat punya potensi untuk itu. Peluang usaha lobster air tawar teridentifikasi kepada empat kondisi. Pertama, melihat bahwa jumlah perusahaan skala besar budidaya yang berfokus pada lobster air tawar masih sedikit. Kedua, dari segi konsumen itu sendiri dapat diamati pola bahwa penduduk Indonesia mempunyai peningkatan kecenderungan dalam mengonsumsi produk white meat, dan lobster air tawar masuk kedalamnya. Adanya peningkatan ini menunjukkan bahwa pangsa pasar di Indonesia semakin meluas. Ketiga, masih banyaknya permintaan lobster air tawar yang belum diimbangi dengan hasil produksi. Dengan begitu, kekuatan perusahaan yang terjun ke bisnis ini memiliki kemampuan untuk setidaknya mengatur harga jual pada beberapa wilayah yang belum tersuplai secara maksimal, perlu diketahui bahwa harga jual berkisar antara Rp 100.000 hingga Rp 170.000. Selanjutnya, peluang terletak pada segi produksi yang relatif mudah dan murah. Peluang untuk masuk ke pasar lobster air tawar masih terbuka lebar dengan adanya kemungkinan untuk ekspansi bisnis baik menguasai domestik ataupun mancanegara sekitar Asia.

Dengan melihat beberapa kondisi peluang usaha saya mengusung nama PT. WISSTER INDONESIA, perusahaan yang secara penuh fokus pada budidaya hingga penjualan lobster air tawar berjenis Red Claw. Perusahaan mempunyai target pasar yang mencakup pada dua hal yaitu Business to Businessdan Business to Customer. Produk yang ditawarkan ialah WISSTER SUPER berupa lobster air tawar berjenis Red Claw yang berkualitas baik dalam keadaan hidup maupun beku. Perencanaan perusahaan sudah matang dibuat yang mencakup berbagai aspek bisnis. Dengan lahan satu hektar perusahaan mampu mampu mendapatkan jumlah panen sekitar 50 ton lobster air tawar pertahunnya. Jalannya bisnis akan diselaraskan dengan kemajuan teknologi informasi sekarang ini untuk memaksimalkan keuntungan. Dari segi lingkungan, perusahaan menjamin bisnis yang dilakukan sejak awal hingga penjualan akan ramah lingkungan dengan memperhatikan kondisi sekitar lokasi. Perencanaan perusahaan telah memperhitungkan risiko bisnis serta NPV, IRR,PI dan Payback Period dengan hasil yang positif dan menjanjikan. Jauh menatap masa depan, perusahaan mempunyai visi menjadi perusahaan superior di Indonesia dan Asia.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline