Sarana transportasi merupakan penunjang aktivitas vital kehidupan masyarakat di berbagai negara. Hal ini semakin penting seiring dengan tingkat persaingan ekonomi global dan mobilitas penduduk yang makin tinggi di segala bidang. Khusunya di kota besar. Di sisi lain, ketersediaan lahan untuk pembangunan jalan sangat terbatas. Tentu saja ini menjadi problematika dan memerlukan yang tidak mudah.
Perlu kajian komperhensif terutama ketersediaan dana dan nilai kemanfaatan jangka panjang. Pemerintah sebagai pemangku keputusan harus mampu mengakomodir semua kebutuhan secara bijak. Belakangan ini Pemerintah sering menyoal antara kebutuhan jalan tol dan transportasi masal seperti LRT,BRT dan sejenisnya. Mana yang harus di utamakan? Yuk kita cermati.
1. TRANSPORTASI PUBLIK ( LRT, BRT dll)
Seluruh lapisan masyarakat dapat menggunakan moda ini, bisa menjadi solusi mengatasi kemacetan.
Tentu saja harus di barengi dengan tingkat kenyamanan, tepat waktu dan harga terjangkau akan mampu menarik masyarakat beralih ke moda transportasi ini.
2. JALAN TOL
Tidak semua lapisan masyarakat menggunakan jalan tol. Karena jalan tol diperuntukan khusus untuk pengguna roda empat.
Akan tetapi keberadaan tol pasti tidak akan menarik untuk sopir angkot. Alasannya karena sopir angkot butuh penumpang yg tidak mungkin didapat di jalan tol.
Bisa jadi justru pembangunan jalan tol bisa menjadi solusi kemacetan di satu sisi, tetapi menimbulkan kemacetan di sisi lain. Seperti misalnya saat masuk dan keluar pintu tol.
Hal ini juga dapat menjadi pemicu tingginya kecelakaan di area tol tersebut, khususnya saat keluar, masuk tol. Apalagi seperti diketahui bersama bahwa kecepatan dalam mengemudi kendaraan dijalan tol lebih tinggi.
keberadaan Jalan tol juga dapat memicu masyarakat untuk lebih menggunakan kendaraan roda empat, mobil. mereka bisa berbondong bondong memilih jalan tol dan menimbulkan masalah baru berupa kemacetan di jalan tol. Yang seharusnya tidak terjadi.
Maka tak ada salahnya jika pembangunan jalan tol tersebut tersebut dikaji ulang.
Mengacu beberapa pertimbangan yang mungkin terjadi dan menilik segi kemanfaatan transportasi publik yang jauh lebih dominan serta dapat menjadi solusi jangka panjang.
Seperti diketahui bahwa jumlah pengguna transportasi publik jauh lebih tinggi di banding jalan tol. Karena transportasi publik dapat di akses oleh seluruh lapisan masyarakat. Bukan hanya segelintir orang.
Meskipun untuk itu, banyak yang memprediksi bahwa pembangunan sarana transportasi publik ini memerlukan biaya yang jauh lebih besar dibanding pembangunan jalan tol.
Bagaimanapun kepentingan publik yang lebih luas harus menjadi pertimbangan untuk diupayakan.