Lihat ke Halaman Asli

Qurban di Pandemi

Diperbarui: 25 Juli 2021   08:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

COVID-19, virus yang melanda dunia untuk 2 tahun, hampir semua acara di batalkan dan suasana Idul Adha dengan adanya COVID-19 pun berubah. Namun, itu tidak memberhentikan acara Qurban, Di Kampung Salam Qurban, dimana acara ini dilakukan dengan protokol 5M dengan tidak adanya penonton yang berkerumunan dan digantikan dengan Streaming di YouTube. 

Dengan bantuan murid SMX dan Surau sebagai panitia, mereka wajib untuk melakukan uji swab test agar acara berlangsung dengan aman. Untungnya, semua hasilnya adalah negatif jadi acara Qurban pun berjalan pada hari Rabu, 21 Juli 2021. Tentunya, ada perbedaan area untuk penyembelihan seperti area penyembelihan Kambing terletak di area tempat bermain TK dan area penyembelihan sapi di lapangan dekat dengan gerbang TK. 

Dokpri

Dokpri

Setelah memotong daging kambing dan sapi untuk 5 jam, setiap daging yang sudah dipotong oleh panitia qurban, berdonasi ke area tertentu dengan metode door-to-door dengan packaging yang ramah lingkungan dengan mengurangi penggunaan kantong plastik.

Dokpri

 Walaupun dengan kondisi yang tidak mendukung dengan adanya virus yang membatasi kontak, ada hikmah yang kita bisa dapat dari semua situasi ini. "Hikmah dari pandemi ini kita bisa meningkatkan rasa keimanan kita kepada Allah SWT dan meningkatan rasa keamanan kita." Ujar Pak Yordan Aulia Akbar, panitia acara qurban yang berkolaborasi dengan Surau, Nusa Indah Residence, Salam Ekosistem dan Sekolah alam Bogor. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline