Lihat ke Halaman Asli

SMX Visits: Kampung Magang

Diperbarui: 5 April 2021   11:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Oleh Anargya Atha

School of Makers (SMX) adalah sekolah bisnis (non-formal) yang bertingkat SMA yang terletak di Bogor. Di sekolah ini, setiap murid akan membuat projek berbasis minat mereka sendiri. Dan beberapa alumni yang pernah belajar di sini sekarang juga mempunyai bisnis yang sukses, dan kali ini, sekolah ini akan menjalakan program Bootcamp dengan pergi ke Kampung Magang, Magetan.

Sebelum mengatahui apa itu Bootcamp. Bootcamp adalah program dimana murid dan guru akan pergi ke suatu tempat yang jauh dari Bogor dan mencoba untuk belajar di sana. Mereka akan tinggal di tempat itu beberapa hari untuk belajar di tempat itu dan ketika mereka kembali, mereka akan membuat self-project dimana mereka membuat sebuah project terinspirasi dari program Bootcamp tersebut. 

Sebagai trip Bootcamp magang Angkatan V di SMX, mereka pergi ke Kampung Magang yang terletak di Magetan. Di sini, murid Angkatan V akan belajar tentang kemandirian dan kedisiplinan untuk 10 hari dan cara mereka belajar adalah mereka pergi ke tempat magang dengan menyuci baju sendiri dan bangun pagi dengan tilawah. Berhari-hari mereka bekerja di tempat magang untuk belajar hal-hal baru.

dokpri

Di Kampung Magang, murid bisa belajar tentang banyak hal dengan banyak fasilitas magang seperti di Kandang Kelinci, Sawah, dan Pembibitan. Sejak September 2020, Kampung Magang sudah berjalan sebagai tempat magang resmi untuk anak-anak maupun secara individual dan rombongan sekolah. Semua peserta magang akan bekerja langsung dengan warga-warga di sini. Semua ini dimulai karena Pendiri Kampung Magang, Pak Hendrik ingin membuka Kampung menjadi tempat magang dan ternyata menjadi sukses. Warga pun juga sangat bahagia ketika di kunjungi dengan murid-murid. 

dokpri

Untuk 10 Hari, Murid-murid SMX akan beraktivitas di tempat magang masing-masing. Dan setiap harinya, semua murid melakukan pekerjaan dengan disiplin dan senang. Maupun itu bekerja di sawah, kandang hewan, dan pembibitan. Dan di hari libur, mereka pun bersantai dengan BBQ kelinci dan memasak makanan sendiri seperti Udang di malam hari. Setelah 10 hari, murid belajar tentang cara hidup mandiri, disiplin dan memprioritaskan hal yang penting dalam hidup. 

(AA) 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline