Lihat ke Halaman Asli

Irama dan Melodi

Diperbarui: 4 April 2017   18:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

A. IRAMA

Irama adalah urutan rangkaian gerak yang menjadi unsur dasar musik dan tari (jamalus, 1989). Irama diartikan sebagai gerak yang teratur , panjang pendek membentuk pola irama dan bergerak menurut pulsa dalam ayunan birama.

Irama dalam sebuah sajian musik yaitu menghubungkannya dengan satu satuan birama dengan notasi irama yang berkaitan dengan waktu dan panjang pendek denyutan.

M. Soeharto (1986) menyatakan irama sebagai gerak yang teratur, dimana irama selalu mengikuti jalan melodi.

1. Duol ; Duol berbentuk garis lengkung dan angka 2 diatas atau dibawah dua nada untuk mengubah nada dibawahnya menjadi satu setengah kali nilai ketukannya dari dua nada tersebut.

2. Triool dan Triool Ganda (sextool) ; Triool berbentuk garis lengkung dan angka 3 diatas atau dibawah tiga buah not yang berfungsi mengubah not tersebut menjadi dua pertiga dari nilai ketiga not tersebut. Bentuk triool dapat juga digandakan yang dinamakan sextool dengan garis lengkung dan angka 6.

3. Kwartool ; Kwartool berbentuk garis lengkung dan angka 4 pada empat buah not yang mengubah keempat not dibawah atau diatasnya menjadi tinggal bernilai ¾ dari nilai not sebelumnya.

4. Kwintool ; Kwintool berbentuk garis lengkung dan angka 5 diatas atau dibawah lima not yang berfungsi mengubah nilai not tersebut menjadi bernilai 4/5 dari nilai keseluruhan not senelumnya.

5. Legato dan Legatura ; yaitu menghubungkan dua buah not atau lebih, memperpanjang nilai not yang pertama menjadi sejumlah not yang dihubungkan. Perbedaan legato dan legatura ; legato biasanya untik menggabungkan nada-naa yang tingginya berbeda dan masih dalam satu satuan birama, sedangkan legatura menghubungkan not yang biasanya berlainan birama.

NOTASI IRAMA

Notasi irama berbentuk not dan tanda diam. Notasi irama dan membirama dilatihkan pada anak untuk melatih rasa irama. Latihan-latihan rasa irama dapat dikembangkan melalui chart-chart irama maupun dengan menggunakan lagu secara langsung, dan akan lebih baik jika suatu lagu kemudian menjadi chart irama. Latihan dapat dikembangkan secara perlahan sesuai tempo dan taraf kesulitan tempo serta pola irama.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline