Lihat ke Halaman Asli

wety yuningsih

Guru Biologi SMAN 1 Cililin suka berbagi, Guru Youtuber, Guru Blogger ....

Aksi Nyata Topik Numerasi: Meningkatkan Kompetensi Murid, dari Kongkret ke Abstrak

Diperbarui: 10 Maret 2024   11:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokumen pribadi

Pada kesempatan kali ini saya akan memaparkan aksi nyata Pelatihan Mandiri Platform Merdeka Mengajar pada Topik Numerasi : Meningkatkan Kompetensi Murid

Aksi nyata pada topik Numerasi mengambil tema Penerapan " dari Konkret ke Abstrak"

Materi yang saya ambil pada aksi nyata tema Numerasi adalah Persilangan Monohibrid. Persilangan Monohibrid adalah persilangan dengan 2 sifat berbeda. Supaya peserta didik dapat memahami hasil persilangan monohybrid maka saya menerapkan pembelajaran dari konkret ke abstrak. Dengan tahapan K-G-A yaitu Konkret -- Gambar -- Abstrak. Saya mengajak peserta didik melaksanakan Praktikum Persilangan Monohibrid dengan menggunakan koin uang 500 perak sebagai bentuk konkret.

Berikut adalah LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) yang merupakan Rencana Pembelajaran Praktikum Persilangan Monohibrid

LKPD PRAKTIKUM SIMULASI MONOHIBRID

Tujuan : Melalui pembelajaran saintifik peserta didik dapat menerapkan dengan baik prinsip pewarisan sifat makhluk hidup berdasarkanhukum Mendel dan menyajikan hasil penerapan hukum Mendel dalam perhitungan peluang dari persilangan makhluk hidup di bidang pertanian dan peternakan serta memiliki sifat mandiri, jujur, dan disiplin.

Metode Pembelajaran : Praktikum Monohibrid dan Dihibrid

Praktikum Monohibrid 

Peserta didik diminta untuk melihat video pembelajaran tentang Praktikum Monohibrid menggunakan koin.

https://youtu.be/txTlb20rXJQ

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline