Pada tingkat SMA, kurikulum merdeka terbagi menjadi 2 fase yaitu Fase E setara dengan kelas 10 dan Fase F setara dengan kelas 11 dan 12. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas bagaimana saya membuat analisis pada Capaian Pembelajran (CP) Biologi Fase F Kurikulum Merdeka.
Berikut adalah Capaian Pembelajaran (CP) Fase F Biologi
- Bab Sel dan Transport membran
- Bab Pembelahan Sel
- Bab Struktur dan Organ serta kelainannya
- Bab Enzim
- Bab Metabolisme
- Bab Pewarisan sifat
- Bab Pertumbuhan dan perkembangan
- Bab Evolusi
- Bab Inovasi Teknologi
Untuk Bab 3 Struktur dan Organ serta kelainannya terdiri dari 8 materi yaitu
- Bab Sistem Gerak
- Bab Sistem Peredaran Darah
- Bab Sistem Pencernaan
- Bab Sistem Pernapasan
- Bab Ekskresi
- Bab Sistem Koordinasi
- Bab Sistem Reproduksi Manusia
- Bab Sistem Imunitas
Berdasarakan Peraturan Pemerintah, bahwa Biologi termasuk mata pelajaran pilihan, yang diberi alokasi waktu 180 JP per tahun atau 5 JP per minggu. Sehingga untuk setiap satu semester terdapat 90 JP.
Dari 9 materi yang sesuai dengan CP Biologi Fase F kelas 11 maka dipilih 3 materi yaitu Sel dan transpor membran, pembelahan sel, struktur dan fungsi organ serta kelainannya. Karena terdapat 8 materi pada Bab Struktur dan fungsi organ, jadi total materi atau Bab pada kelas 11 Fase F terdapat 10 materi atau Bab yaitu
- Bab Sel dan Transport membran
- Bab Pembelahan sel
- Bab Sistem Gerak
- Bab Sistem Peredaran Darah
- Bab Sistem Pencernaan
- Bab Sistem Pernapasan
- Bab Ekskresi
- Bab Sistem Koordinasi
- Bab Sistem Reproduksi Manusia
- Bab Sistem Imunitas
Pembagiannya materi semester 1 terdiri dari 5 Bab
- Bab Sel dan Transport membran
- Bab Pembelahan sel
- Bab Sistem Gerak
- Bab Sistem Peredaran Darah
- Bab Sistem Pencernaan
Untuk semester 2 terdiri dari 5 Bab yaitu
- Bab Sistem Pernapasan
- Bab Ekskresi
- Bab Sistem Koordinasi
- Bab Sistem Reproduksi Manusia
- Bab Sistem Imunitas
Capaian Pembelajaran akan di analisis menjadi konten dan unit pembelajaran. Selanjutnya dari unit pembelajran di buat Tujuan Pembelajaran dengan menambahkan kata siswa dapat dan menambahkan KKO (Kata Kerja Operasional).
Untuk lebih jelasnya bagaimana cara analisa Capaian Pembelajaran (CP) dan pembauatan TP (Tujuan Pembelajaran boleh di simak video berikut ini