Lihat ke Halaman Asli

wety yuningsih

Guru Biologi SMAN 1 Cililin suka berbagi, Guru Youtuber, Guru Blogger ....

Pembuatan Kartu Soal Biologi sebagai Cara Belajar Ujian Sekolah

Diperbarui: 1 Maret 2023   16:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto kartu soal buatan murid. Dokpri

Alhamdulillah tanpa terasa.. kelas 12 akan melaksanakan Ujian sekolah yang menentukan kelulusan mereka. Dan waktu sekitar 2 minggu menjelang Ujian Sekolah, materi Biologi sudah diberikan semuanya, sekarang sekarang saat nya untuk mengingat kembali materi Biologi dari kelas 10, 11 dan 12 yang keseluruhan ada 33 Bab. 

Daripada saya mereview semua materi yang pastinya tidak mungkin diselesaikan dalam waktu 2 minggu, maka saya berinisiatif untuk meminta semua murid-murid saya membuat kartu soal yang ada di video pembelajaran saya. Jadi saya meminta satu murid untuk membuat satu kartu soal lengkap dengan pembahasan yang ada di video pembelajaran saya.  Salah satu video yang saya minta untuk dibuat kartu soal 


Nah berikiut adalah contoh kartu soal yang sudah dibuat oleh murid-murid saya

kartu soal lengkap dengan pembahasan. Dokpri

Kartu soal lucu dan unik. Dokpri

Kartu soal yang enak di baca. Dokpri

Tujuan saya meminta semua murid membuat kartu soal Biologi yang berbeda, supaya mereka bisa saling bertukar kartu soal untuk bisa menghafal soal- soal Ujian Biologi. Dan ini lebih efektif karena menjadi motivasi bagi murid untuk berlomba- lomba dapat menghafal banyak soal Ujian sekolah Biologi. 

Dengan kreativitas murid dalam membuat kartu soal yang unik, maka akan meningkatkan motivasi untuk menghafal dan belajar bersama. 

Demikian cerita saya bagaimana saya meminta semua murid untuk membuat kartu soal Biologi, mudah-mudahan dapat menginspirasi... 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline