A. Deskripsi Permasalahan yang dihadapi
Masalah yang dihadapi adalah kurangnya keaktifan peserta didik dalam pembelajaran Hereditas Manusia, hal ini dikarenakan peserta didik jenuh belajar di dalam kelas, dan agar semua murid berpartisipasi aktif dalam pembelajaran.
B. Akar Permasalahan
Permasalahan ini terjadi karena efek dari musim pandemi, dimana peserta didik harus belajar di rumah, dan tentunya peserta didik kurang mendapat pengalaman pembelajaran seperti berdiskusi, presentasi, bersosialisasi dengan Guru dan teman. Serta sangat jenuh belajar di dalam kelas, dan perlu cara belajar yang lebih menyenangkan dan mengasyikkan.
C. Alternatif Solusi
Berdasarkan masalah yang dihadapi maka saya sebagai Guru membuat metode pembelajaran Game Cari dan Jawab Soal Hereditas Manusia secara berkelompok. Untuk pembentukan kelompok juga dengan cara yang unik yaitu pemilihan persamaan warna yang dipilih.
Tahapan Pebentukan Kelompok dengan Persamaan Warna yang Dipilih
- Guru menunjuk 10 peserta didik untuk maju kedepan kelas dan menjadi ketua kelompok
- Guru memberikan 10 kertas warna dengan warna yang berbeda-beda kepada 10 peserta didik untuk memilih sesuai yang mereka suka. Memilih kertas warna dilakukan di luar kelas supaya peserta didik yang lain tidak mengetahui warna yang dipilih.
- Seluruh peserta didik yang bukan ketua kelompok diminta untuk mengambil satu kertas warna yang mereka sukai, kertas warna disebarkan di lantai oleh Guru, supaya peserta didik bisa mengambil sesuai dengan warna kesukaannya.
- Sepuluh ketua diminta untuk masuk kelas dan berdiri di depan kelas, menunjukkan warna yang mereka pilih
- Seluruh peserta didik yang buka ketua berlari menuju ketua kelompok sesuai dengan persamaan warna
- Sehingga terbentuk 10 kelompok dengan adil.
Tahapan Game Cari dan Jawab Soal Hereditas Manusia secara Berkelompok
- Guru menaruh kertas soal di berbagai tempat, misal game di laksanakan di masjid, di lingkungan sekitar Laboratorium Biologi atau di Lapangan sekolah.
- Selanjutnya peserta didik dalam kelompok diminta untuk mencari soal dan menjawabnya dengan pembahasannya di selembar kertas dengan waktu 15 - 20 menit.
- Kelompok yang dapat menjawab soal paling banyak dan benar jawabannya maka kelompok tersebut juaranya.
- Jawaban kelompok saling ditukar untuk dicocokkan jawabannya dan dihitung poin yang didapat, satu soal sempurna jawaban dan pembahasan nya benar maka nilai menjadi 100 tiap soal.
- Kelompok dengan jumlah poin tertinggi yang menjadi pemenang dalam game ini
- Setiap kelompok menuliskan refleksi dan mempresentasikan refleksi kelompok masing-masing.
D. Hasil Pemecahan Masalah